Dukung UMKM Berdayakan Teknologi Digital, Tokopedia-Kemenkominfo Gelar Pelatihan

Addiction.id-Jakarta. Beragam pihak berupaya berkontribusi bagi Indonesia untuk memulihkan kondisi ekonomi. Salah satunya dengan mendukung para pelaku UMKM tetap beroperasi dan bisa beradaptasi di masa pandemi Covid-19 ini.

Dukungan kepada UMKM juga dilakukan oleh Tokopedia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Keduanya berkolaborasi membuat program Digital Entrepreneurship Academy (DEA).

Program tersebut merupakan pelatihan digital untuk para pengusaha lokal yang memiliki usaha offline maupun online. Utamanya, untuk pelaku UMKM.

“Transformasi ekonomi Indonesia berjalan pesat beberapa tahun terakhir. Targetnya untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada 2030, maka Indonesia harus berfokus pada teknologi dan digitalisasi,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo Basuki Y Iskandar, Selasa (20/10).

“Inovasi perusahaan teknologi Indonesia seperti Tokopedia dapat mengakselerasi perwujudan visi dan misi Indonesia untuk menjadi poros kekuatan dunia,” sambung dia.

Basuki menuturkan bahwa upaya Tokopedia sejalan dengan prioritas nasional Making Indonesia 4.0. Selain menargetkan pemberdayaan UMKM melalui teknologi, meningkatkan SDM unggul pun menjadi fokus.

Di lain sisi, Tokopedia sendiri telah mewadahi lebih dari 9,2 juta pengusaha di Indonesia. Dari keseluruhan itu, hampir 100%-nya UMKM, bahkan 94%-nya berskala ultra mikro.

Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, mengatakan pihaknya terus berinovasi dan berkolaborasi dengan para mitra strategis. Adapun tujuannya untuk mengakselerasi adopsi platform digital bagi pengusaha di Indonesia, khususnya saat pandemi.

“Tokopedia juga sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pemerintah melalui program DEA. Upaya bersama ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu UMKM tetap beroperasi walau di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi,” tuturnya.

Astri menilai, pengusaha beralih ke digital lebih tangguh menghadapi pandemi. Sebab mereka bisa menjaga keberlangsungan bisnis dan memastikan adanya lapangan pekerjaan.

“Tokopedia pun mengimbau masyarakat untuk lebih bangga buatan Indonesia. Bersama kita bisa memulihkan perekonomian negeri yang saat ini terdampak pandemi,” kata dia.

Untuk diketahui, pendaftaran DEA dibuka hingga 25 Oktober 2020.

Sementara pelatihannya, yang bertema pengembangan bisnis online sesuai kebutuhan pasar, akan digelar pada 2-13 November 2020. Adapun pelatihan melingkupi strategi sukses bisnis online di marketplace hingga tips membangun brand yang kuat.

Materi pelatihan tersebut akan disampaikan secara virtual, termasuk seminar daring, belajar mandiri dan kelas di aplikasi pesan yang dibawa Tokopedia. Untuk selengkapnya, bisa cek di tautan https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/detail/692.

(LH)