Biznet Dukung UMKM Untuk Go Digital

Addiction.id-Jakarta. Pelaku UMKM menjadi salah satu entitas yang terdampak pandemi Covid-19. Guna mendongkrak kemaslahatan mereka, Biznet turun tangan membagikan informasi dan pelatihan untuk go digital.

Vice President Marketing Biznet Yudi Haryanto mengatakan, mengingat hari ini segalanya dilakukan secara digital, mau tak mau UMKM harus beradaptasi dengan kondisi ini.

“Kita bekerjasama dengan satu unit, Giocoud, pelatihan dengan UMKM untuk memanfaatkan infrastruktur digital guna berinovasi terhadap produk. Dengan memanfaatkan platform digital, mereka bisa jauh lebih efisien dan efektif,” ungkapnya di konferensi pers, Senin (05/10).

Melalui pelatihan ini, UMKM akan diberi materi soal pengetahuan dasar digital. Diketahui, pembagian persentase pengguna Biznet untuk B to B dan B to C ialah 40:60. UMKM berada di bagian 40% tersebut dengan perkiraan mengisi 15%-nya.

Selain pelatihan digital, Biznet pun menghadirkan promo untuk para UMKM pengguna Biznet. Tujuannya untuk meringankan biaya yang dikeluarkan oleh UMKM selama pandemi.

“UMKM juga terkena impact yang dahsyat dari PSBB, ada yang sudah kami siapkan seperti promo-promo tetapi bentukannya tidak dikurangi harga produk tapi bisa bayar 10 bulan untuk gratis sekian bulan,” terang Yudi.

Sebagai informasi, saat ini hanya ada sekitar 13% UMKM yang memberdayakan platform digital. Angka ini naik dari tahun sebelumnya menjadi 9 ribu UMKM. Sementara itu, target Kementerian Koperasi dan UKM, di akhir tahun angka ini menyentuh 10 ribu UMKM.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim menuturkan saat ini sudah ada 9,4 juta UMKM yang go digital. Angka ini menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Berangkat dari sini, UMKM yang masuk ke digital bertambah 1,4 juta dari 2019, yang sebelumnya 8 juta UMKM.

(LH)