Turunkan Tarif Iklan, BTS Bantu Pelaku UMKM

Addiction.id-Jakarta. Pandemi Covid-19 ini membikin banyak sektor kalang kabut. Perekonomian misalnya, di mana termasuk industri periklanan dan para pengusaha di dalamnya.

Eksistensi mereka terancam pandemi, bahkan tak jarang ada yang menggulung tikar usahanya. Untuk memertahankan eksistensi mereka, beriklan menjadi salah satu solusi. Lalu, jika beriklan dengan menggaet suatu figur yang populer, eksistensi brand akam cenderung lebih kuat.

Menyoal hal itu, baru-baru ini dunia periklanan di Korea Selatan punya kabar baik.

Grup boyband asal Korea Selatan BTS dikabarkan menurunkan biaya iklan mereka. Keterangan ini didapat dari agensi BTS, Big Hit Entertainment, dikutip dari Kompas, Jumat (25/9).

Diketahui, biaya menggunakan jasa BTS yaitu sekitar 2,5 juta hingga 4,3 juta dolar AS untuk kontrak setahun setahun (setara Rp37 miliar sampai Rp 64 miliar).

Pihak periklanan menuturkan bahwa BTS dan agensinya telah menurunkan jasanya sebesar 20%.

“Pasar periklanan juga berada dalam situasi sulit dengan Covid-19 karena semua bisnis, tapi fakta bahwa BTS, yang paling disukai pengiklan sebagai model akhir-akhir ini, menurunkan biaya mereka adalah kabar baik,” ujar seorang sumber.

Tak hanya itu, pihak periklanan lain pun menyebut BTS turut aktif bernegosiasi. “Bahkan, saat menurunkan biaya mereka, agensi BTS juga lebih aktif dalam bernegosiasi,” terangnya.

“Seperti yang mereka katakan dalam pidatonya di UNGA (Sidang Majelis Umum PBB), BTS memberikan keberanian pada usaha kecil atau menengah untuk bertahan hidup bersama dengan menurunkan biaya mereka,” jelas sumber ini.

Pada pokoknya, BTS mempraktikan apa yang mereka tuturkan di UNGA. Jadi hal ini bukan bualan semata.

(LH)