Berdayakan YouTube, Penjualan Telkomsel Meningkat

Addiction.id-Jakarta. Telkomsel bertekad melebarkan sayapnya ke layanan digital. Tekad ini berangkat dari meningkatnya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap game, film, dan musik. Perusahaan kemudian ini terdorong membuat tiga produk digital, yaitu Dunia Games, Max Stream, dan Langit Musik.

Diketahui, Dunia Games merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk membeli kuota game. Sementara, Max Stream dan Langit Musik ialah aplikasi streaming film dan musik.

CMO Telkomsel Rachel Goh menyadari bahwa membangun awareness pada 160 juta lebih basis pelanggan melalui TV saja tidak cukup. Oleh karenanya, pihaknya memberdayakan platform YouTube.

“Penting bagi kami untuk meningkatkan jangkauan TV dengan YouTube. Kami menyadari bahwa penonton konten musik, dan film yang akan kami targetkan ada banyak di YouTube,” jelas Rachel, Selasa (15/09).

Ia pun mengatakan, ketiga konten yang ia sebutkan termasuk genre yang paling banyak ditonton di YouTube tersebut. Maka dari itu, pihaknya memutuskan menggunakan YouTube sebagai media platform utama.

Melalui YouTube, iklan bumper Telkomsel yang berdurasi 6 detik itu bisa menjangkau lebih banyak penonton.

Selain itu, Rachel pun menjelaskan bahwa pihaknya memanfaatkan Director Mix guna mempersonalisasi iklan berdasarkan target penonton.

“Kami menskalakan satu iklan video dan membuat lebih dari 200 video untuk menargetkan lebih dari 75 grup penonton,” jelasnya.

“Kami tidak pernah membayangkan untuk meluncurkan iklan sebanyak ini yang menargetkan berbagai penonton, semuanya sekaligus. Kami senang dengan hasilnya, melalui YouTube kami bisa mencapai sasaran awareness yang pada akhirnya memberikan hasil bisnis yang bagus,” tuturnya lagi.

Diketahui, selama memanfaatkan YouTube, pihaknya mengalami peningkatan iklan sebesar 8% dan peningkatan minat produk sebesar 13.4%.

Lebih lanjut dalam waktu satu bulan, terjadi peningkatan jumlah pengguna aktif bulanan sebesar 9.3% untuk Max Stream. Dan peningkatan download aplikasi sebesar 39.8% untuk Dunia Games.

Melihat persentase yang meningkat itu, Telkomsel yakin untuk terus bekerja sama dengan YouTube.

“Di masa pandemi ini, kami memutuskan untuk menyampaikan pesan yang lebih relevan dengan mendorong pengguna kami agar tetap di rumah dan hasilnya juga luar biasa. Kami mampu menjangkau 45 juta orang melalui iklan dan juga mendorong peningkatan penjualan sebesar 25%,” kata Rachel.

“Kerja sama kami dengan YouTube mampu membuahkan hasil di seluruh pemasaran. Kami terus berusaha menemukan cara baru untuk menjalin hubungan dengan pelanggan kami melalui YouTube,” tutupnya.

(LH)