BPOM: Jangan Menjatuhkan Pesaing, Iklan Harusnya Berimbang

Addiction.id-Jakarta. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan para produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) untuk tidak beriklan dengan menjatuhkan atau mendiskreditkan produk lain alias pesaing.

Menurut Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM Ema Setyawati, jika dilakukan, artinya produsen melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

Pada PP tersebut, tertuang pada pasal 47 ayat 1 bahwa “Setiap iklan produk pangan dilarang dibuat dalam bentuk apapun untuk diedarkan dan atau disebarluaskan dalam masyarakat dengan cara mendiskreditkan produk pangan lainnya.”

“Setiap orang yang melanggar ketentuan-ketentuan itu akan dikenakan tindakan administratif berupa peringatan secara tertulis dan pengenaan denda paling tinggi Rp l50 juta dan/atau pencabutan izin produksi atau izin usaha,” terang Ema saat seminar daring, Selasa (15/o9).

Ema pun menuturkan, pihaknya berharap informasi yang disampaikan iklan mestinya berimbang dan mencerdaskan–bukannya membodohi.

“Iklan harus menjadikan konsumen cerdas. Nah, ketika menjadikan konsumen cerdas, maka berita yang berimbang itu yang harus dilakukan oleh pelaku usaha,” tandasnya.

Jika ada produsen AMDK yang menyampaikan kelemahan produk lain, dia juga mestinya menyampaikan kelemahan di produk kemasan miliknya.

Dia juga menjelaskan bahwa iklan produk pangan, termasuk produk AMDK, harus menyesuaikan dengan izin edarnya.

“Pada saat dia menggunakan PET, di iklannya juga harus bicara menggunakan PET. Jadi tidak boleh bicara mengenai produk lainnya, apalagi membanding-bandingkan dan mendiskreditkan produk lain,” pungkas Ema.

(LH)