Akan Kembali Digelar, IndonesiaNEXT Siap Cetak SDM Unggul

Addiction.id-Jakarta. Telkomsel menggadang program bernama IndonesiaNEXT yang bertujuan untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Program ini diketahui telah digelar sejak 2016, dengan menjangkau 40 ribu peserta dari beragam universitas dan SMK di seluruh Indonesia. Melalui program ini, lebih dari 4.000 sertifikasi telah diserahkan.

Di 2020 ini, operator plat merah itu akan kembali menggelar program tersebut. Rencananya, acara akan digelar di 13 kota regional—sesuai lokasi kerja Telkomsel, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, Surabaya, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku, dan lainnya.

Sama seperti sebelumnya, program ini menyasar para mahasiswa dan siswa SMK. Pendaftaran dijadwalkan mulai dari September 2020.

Lebih lanjut, kehadiran program IndonesiaNEXT diharapkan bisa memberi dampak sosial positif secara luas oleh peserta didik di seluruh Indonesia.

“Semoga IndonesiaNEXT mampu menjadi wadah percepatan peningkatan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia agar generasi muda di Tanah Air mampu menjadi roda penggerak utama kemajuan bangsa dan negara,” tutur Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

Pada kesempatan yang sama, Telkomsel pun mengumumkan pencapaian IndonesiaNEXT 2019, yaitu 10 Best Talent dan Best of The Best dari IndonesiaNEXT 2019.

Adapun pengumuman ini dipaparkan di acara “Crowning Session IndonesiaNEXT 2019” yang digelar secara online melalui CloudX, MAXstream, dan YouTube Live pada 12 September 2020.

“Kami berharap, insan-insan terbaik dari program IndonesiaNEXT mampu menginspirasi mahasiswa dan siswa lainnya untuk bisa meningkatkan kapabilitas dan kompetensinya agar semakin banyak sumber daya manusia Indonesia yang mampu bersaing hingga di level internasional,” ujar Setyanto.

Diketahui sebelumnya, para peserta harus melewati seleksi panjang di IndonesiaNEXT, dari pendaftaran online, kuliah umum, pelatihan keterampilan, kuis online, MOS International Certification, Communication Skill Training, Area Bootcamp, Area Qualification Panel, hingga National Bootcamp.

Telkomsel mengatakan bahwa proses seleksi yang ketat membuat IndonesiaNEXT mampu membentuk para peserta untuk menjadi SDM yang lebih terampil dan memiliki daya saing. Bukan hanya secara nasional, melainkan hingga internasional.

(LH)