Tri-Kemendikbud Hadirkan Kuota Gratis

Addiction.id-Jakarta. Pandemi Covid-19 membikin nyaris semua peserta didik menjalani kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online, baik dari tingkat bawah hingga perguruan tinggi.

Melihat kondisi seperti ini, operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud) bekerja sama. Keduanya menghasilkan produk berupa paket 3Edu, yang menghadirkan kuota data gratis 50GB, untuk para mahasiswa, dosen, hingga tenaga pendidik perguruan tinggi.

Dengan demikian, mahasiswa hingga tenaga pendidik perguruan tinggi bisa leluasa mengakses beragam aplikasi pendukung PJJ, seperti LMS Diknas, Google Classroom, Edmodo, Zenius, Ruangguru, dan sebagainya.

“Tri memiliki upaya berkelanjutan yang digerakkan oleh satu misi, yaitu berkontribusi memberikan layanan akses internet secara merata dan terjangkau dengan kualitas terbaik bagi pengguna Indonesia. Misi ini sejalan dengan Kemendikbud dalam mendukung pembelajaran jarak jauh dengan kuota gratis kepada mahasiswa dan dosen di tingkat universitas,” ungka Wakil Presiden Tri Indonesia M Danny Buldansyah saat konferensi pers virtual, Jumat (04/09).

Paket 3Edu 50 GB ini berasal dari Kemendikbud melalui Tri. Khusus untuk para pelanggan Tri, mereka bisa mendapat kuota data 30 GB dari operator, di mana pembagiannya 10 GB untuk akses ke semua dan 20 GB untuk mengakses aplikasi belajar online.

Artinya, pelanggan Tri mahasiswa hingga tenaga pendidik perguruan tinggi bisa memanfaatkan kuoa 80 GB untuk PJJ. Adapun masa aktif paket 3Edu dan bonus kuota datanya berlaku hingga 30 hari.

Ditjen Dikti Kemendikbud Nizam menuturkan, kerja sama antara Kemendikbud dan operator seluler Tri ini merupakan upaya mempermudah akses internet untuk pelaksanaan PJJ. Terutama untuk mahasiswa yang mampu dan perguruan tinggi yang memiliki alokasi dana terbatas.

“Penyediaan paket kuota internet yang hemat dan terjangkau bagi seluruh civitas akademika di perguruan tinggi, seperti mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan demi mendukung penyelenggaraan pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu program prioritas Ditjen Dikti,” terang Nizam.

Sebagai informasi, untuk mendapat kuota tersebut, pelanggan perlu mengaktifkan dan mendaftarkan kartu 3 sebelum 11 September 2020 melalui pendataan di universitas.

Selain kuota 30GB yang bisa dipakai selama 3 hari, 3 Indonesia pun memberi promo cashback sebesar 20% setiap isi ulang pulsa selama periode September–Desember 2020 atau sesuai periode pengadaan bantuan kuota internet dari Kemendikbud.

(LH)