Grab-Kemenkop UKM Perluas Digitalisasi dan Peluang Ekonomi UMKM

Addiction.id-Jakarta. Grab Indonesia berkomitmen membantu  pemerintah untuk menyokong keberlangsungan bisnis UMKM di Tanah Air.

Salah satu wujudnya yaitu dengan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) guna memperluas digitalisasi dan peluang ekonomi bagi UMKM di Indonesia.

“Melalui misi GrabForGood dan program #TerusUsaha yang telah kami luncurkan, kami berkomitmen untuk memastikan teknologi kami dapat membawa dampak positif bagi jutaan orang di Indonesia,” tutur Managing Director Grab Indonesia Neneng Goesnadi, dalam keterangan persnya, Selasa (01/09).

“Oleh karena itu, melalui kerja sama dengan KemenkopUKM ini, Grab akan memberikan akses perluasan digital dan dukungan peluang ekonomi yang lebih luas kepada para jutaan UMKM tradisional di Indonesia agar mereka bisa terus bertahan di masa yang sulit ini,” sambungnya.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, l Grab dan Kemenkop UKM akan melakukan hal berikut.

a. Mendukung akses terhadap pelatihan untuk peningkatan keterampilan UMKM Indonesia

b. Mendukung program pendaftaran UMKM ke dalam ekosistem digital untuk mempercepat transformasi digital pelaku usaha di Indonesia

c. Mendukung untuk menjembatani antara pelaku UMKM untuk menciptakan kesempatan kerja sama yang lebih luas dalam mengembangkan bisnis mereka

d. Mendukung promosi untuk para UMKM dalam berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh Grab Indonesia

Neneng menjelaskan, Grab juga berinisiatif menyediakan peluang ekonomi yang lebih banyak untuk jutaan UMKM di Indonesia. Sejak Maret 2020, tambahnya, Grab telah meluncurkan lebih dari 24 inisiatif untuk meringankan dampak pandemi bagi UMKM dan mitra Grab.

Adapun inisiatif-inisiatif tersebut di antaranya yaitu, kerja sama dengan sejumlah instansi–seperti Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, hingga menyokong komunitas gerakan–seperti #BeliKreatifLokal. Selain itu, masih banyak inisiatif lainnya.

“Selama masa pandemi ini, Grab juga telah menyambut lebih dari 170.000 UMKM dan lebih dari 32.000 pedagang tradisional yang tak mengenal kata menyerah untuk bertahan dan terus mengembangkan bisnis mereka di masa yang serba tidak pasti ini. Semangat itulah yang menginspirasi Grab untuk meluncurkan program #TerusUsaha yang didedikasikan khusus untuk membantu UMKM di Indonesia agar mereka dapat terus beradaptasi dalam menghadapi kondisi new normal ini,” kata Neneng lagi.

Ia berharap, segala upaya Grab bisa berdampak positif bagi pemulihan ekonomi nasional. Pihaknya akan terus membantu UMKM dalam mengerakkan roda perekonomian.

“Kami harap segala upaya dan inisiatif yang kami lakukan dapat membantu upaya pemulihan ekonomi, dan meningkatkan daya saing serta ketangguhan para UMKM di Indonesia. Mari kita #TerusUsaha untuk mendukung UMKM dan perputaran ekonomi Indonesia!” tandasnya.

(LH)