Akibat Pandemi, Penjualan Ponsel Menurun di Q2

Addiction.id-Jakarta. Di kuartal II (Q2) 2020 ini, penjualan smartphone di dunia anjlok hingga 20,4% diduga akibat pandemi Covid-19. Persentase ini menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Gartner, sebuah perusahaan riset, mencatat penjualan ponsel di seluruh dunia turun ke 295 juta unit. Disebutkan bahwa smartphone Samsung dan Xiaomi mengalami penurunan penjualan tertinggi di Q2.

Samsung memang ponsel paling laku di dunia pada periode tersebut, yang kemudian disusul Huawei.

Kendati di peringkat pertama, Gartner mendapati penjualan Samsung mengalami penurunan paling tinggi secara year-on-year (yoy) pada periode ini. Penjualan Samsung menurun hingga 27,1% meski berhasil menjual 54,7 juta dan menguasai 18,6% pangsa pasar Q2 2020.

Sementara itu, masih di periode yang sama, Huawei yang di peringkat kedua berhasil menjual 54,1 juta unit ponsel dengan menguasai 18,4% pangsa pasar. Namun, perusahaan ini juga mengalami penurunan penjualan sebesar 6,8%.

Setelah Samsung dan Huawei, Apple menyusul dengan penjualan 38,3 juta unit dan meraih 13% pangsa pasar. Menurut Gartner, penurunan penjualan Apple hanya 0,4% secara year-on-year.

Kemudian Xiaomi. Perusahaan ini berhasil menjual 26 juta unit. Sama seperti yang lainnya, Xiaomi juga mengalami penurunan penjualan, yakni hingga 21,5% secara yoy.

Lalu ada Oppo di peringkat kelima dengan penjualan 23,6 juta unit. Penjualan ponsel perusahaan ini juga mengalami penurunun, yakni dengan angka 15,9% pada Q2 2020.

(LH)