Kelas Inkubasi Sispreneur, Pelatihan untuk Perempuan Pelaku UMKM

Addiction.id-Jakarta. Operator seluler XL Axiata dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) berkolaborasi membuat Kelas Inkubasi Sispreneur.

Program ini mereka hadirkan sebagai solusi bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar tetap produktif di masa pandemi Covid-19 ini.

Adapun program ini diperuntukan 200 pelaku usaha mikro perempuan binaan Kementerian PPPA.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan bahwa perempuan dan UMKM merupakan pihak yang paling terdampak ekonomi dan sosial selama pandemi. Oleh karena itu,  mereka akan mendapat bimbingan terkait pengembangan bisnis secara digital melalui Kelas Inkubasi Sispreneur.

“Karena itu, program kelas inkubasi ini menjadi sangat relevan untuk kami selenggarakan saat ini agar dapat membantu di dua sisi sekaligus, yaitu sisi perempuan sebagai penggerak ekonomi keluarga dan UMKM yang dikelolanya agar bisa menopang ekonomi keluarga dan menggerakkan ekonomi di lingkungan sekitarnya,” tutur Dian, di keterangan persnya.

Ia menambahkan, teknologi digital memberi peluang untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki pengusaha. Teknologi ini memungkinkan perempuan pelaku UMKM ini lebih mudah mempromosikan bisnis dan menjangkau pasar yang lebih luas, melalui kolaborasi dengan para penyedia platform e-commerce/marketplace.

Sementara itu, Menteri PPPA Bintang Puspayoga percaya bahwa UMKM di Indonesia berpotensi memulihkan ekonomi akibat pandemi saat ini, dengan memanfaatkan teknologi digital sehingga menjadi motor pertumbuhan ekonomi baru.

“Melalui adaptasi dengan teknologi dan pemanfaatan e-commerce, perempuan pelaku UMKM berpotensi menguasai pasar dan terus berkontribusi bagi ekonomi. Melalui kesempatan ini, saya perlu mengingatkan bahwa perempuan melek digital adalah sebuah keharusan,” kata dia.

Kelas Inkubasi Sispreneur

Kelas ini akan digelar secara online, sebagaimana dengan protokol kesehatan. Nantinya, ada tiga hal pokok yang diajarkan.

Pertama, product ready, yaitu membangun pola pikir perempuan pelaku wirausaha (womenpreneur) perihal pengembangan usaha, baik dari sisi manajemen keuangan, hingga pemilihan produk.

Kedua, market ready, yaitu mendidik untuk bisa memastikan kualitas produk sesuai dengan target market.

Ketiga, digital and marketplace ready, mengajarkan cara menggunakan kanal promosi agar lebih menarik, seperti di platform media sosial dan marketplace BukaLapak yang berkomitmen mendukung kelangsungan bisnis UMKM Tanah Air.

Para peserta nantinya akan dibimbing terkait bagaimana berjualan melalui marketplace. Selain itu, produk-produk peserta yang mengikuti program Sispreneur ini akan dipromosikan dan mendapatkan fitur push promotion.

Tak hanya itu, para peserta akan mendapat starter pack/sim card XL Biz secara gratis dengan benefit Paket Data 5 GB, Unlimited Call & SMS ke sesama XL, 30 Menit + 30 SMS ke operator lain, Unlimited WA, Line, free akses Facebook & Instagram sebesar 1 GB, dan Pulsa sebesar Rp 5.000,-.

Sekadar informasi, para peserta Kelas Inkubasi ini berdomisili di Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Mereka sama sekali belum pernah terjun di dunia online. Mereka memiliki produk atau jasa antara lain makanan dan kerajinan tangan.

(LH)