YouTube Buat Kebijakan Baru, Iklan Jadi Semakin Banyak

Addiction.id-Jakarta. YouTube memiliki kebijakan baru. Layanan video straming ini akan menyisipkan iklan pada video yang berdurasi 8 menit atau lebih. Sementara, saat ini iklan baru disisipkan bila video berdurasi lebih dari 10 menit.

“Saat ini hanya video yang berdurasi lebih dari 10 menit yang memenuhi syarat untuk iklan paruh putar (mid-roll). Namun, mulai akhir Juli, video berdurasi lebih dari 8 menit akan memenuhi syarat untuk (disisipi) iklan mid-roll,” terang pihak YouTube, dikutip dari Ubergizmo, Senin (13/07).

Pihak YouTube menambahkan, iklan otomatis akan disisipkan otomatis untuk semua video yang memenuhi syarat. Sementara, video yang sudah mengaktifkan iklan mid-roll tidak akan terdampak.

Lebih lanjut, YouTube memberi opsi kepada kreator untuk menonaktifkan iklan mid-roll secara manual setiap unggahannya, bila tak menginginkan iklan tersebut.

Selain itu, iklan pun bisa ditempatkan di bagian video sesuai keinginan, secara manual.

Sekadar informasi, hadirnya iklan memberi pendapatan bagi kreator. Di sisi lain, para penonton bisa minggat dari video dan hal ini membuat kreator khawatir.

Dengan kebijakan Youtube terbaru ini, artinya iklan cenderung akan lebih banyak. Mohon para penonton jangan kaget. 

 (LH)