Telkomsel Akan Kembangkan Platform Iklan Digital

Addiction.id-Jakarta. Pasar periklanan digital di dunia dikuasai oleh Google dan Facebook hingga 70%. Situasi ini tidak sehat bagi para penyedia konten hingga  pengiklan.

Senior Vice President DigiAds dan Data Solutions Group Telkomsel Ronny Sugiadha menuturkan, persentase pemasukan iklan bagi para publisher dari kedua platform tersebut sangat kecil. Pembagiannya pun kurang transparan.

“Dari 1 Dollar (Amerika), paling hanya 30 sen yang sampai ke publisher,” imbuhnya dalam konferensi daring, Selasa (07/07).

Berangkat dari situasi demikian, pihaknya tengah mengembangkan platform iklan digital dengan harga yang adil dan bagi hasil yang transparan. Platform ini nantinya menjadi perantara para pengiklan untuk mengakses ruang iklan yang tersedia di media-media mainstream di Indonesia.

“Kita akan menjadi platform play atau semacam Google-nya untuk para brand sampai diteruskan ke para pemilik inventory. Kita akan transparan berapa harga yang kita jual sampai diteruskan ke publisher,” terang Ronny.

Menurut Ronny, Google hingga kini tidak bisa melakukan hal tersebut, di mana para publisher akan mendapat pemasukan iklan yang lebih adil.

(LH)