GrabMerchant Tunjang UMKM Untuk Berbisnis Online

Addiction.id-Jakarta. GrabMerchant hadir untuk UMKM Indonesia yang mau berbisnis secara digital. Fitur ini bisa berdayakan merchant untuk menjalankan dan mengelola bisnis.

Adapun fitur ini tersedia di aplikasi dan web portal. Di aplikasi, fitur ini bisa membantu merchant untuk mengelola operasional bisnis dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis mereka. Sedangkan, web portalnya menyuguhkan informasi tentang kinerja bisnis di jaringan toko online yang dijalankan mereka.

Aplikasi GrabMerchant bisa diunduh di Google Play Store per hari ini, sementara portal webnya akan dirilis pada Juli 2020 mendatang.

Mitra merchant Grab yang telah bergabung dengan GrabFood harus memperbarui aplikasi GrabFood Merchant agar bisa menggunakan GrabMerchant.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menuturkan bahwa GrabMerchant merupakan salah satu wujud komitmen Gran untuk mempercepat transformasi digital UMKM di Indonesia.

Neneng mengatakan pihaknya menyadari bahwa COVID-19 mengubah perilaku konsumen terhadap layanan berbasis online di seluruh dunia. Hal ini  memicu munculnya beragam inovasi, namun di lain sisi pun menimbulkan risiko dengan melebarnya kesenjangan digital.

“UMKM merupakan tulang punggung dari perekonomian Indonesia, akan tetapi sebagian besar masih offline. Oleh karena itu, para pelaku UMKM ini harus segera melakukan transformasi digital atau mereka akan tertinggal jauh dari UMKM lain yang sudah beralih ke online,” ungkap Neneng, Kamis (11/6).

“Dengan menyediakan solusi bisnis yang mudah digunakan untuk membantu mereka memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online mereka secara mandiri,” katanya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki yang juga hadir di konferensi pers virtual itu mengatakan, UMKM adalah sektor yang menjaga roda perekonomian kita tetap berputar. Oleh karena itu, setiap pebisis harus memastikan keberlangsungan bisnis di masa new normal ini.

“Platform GrabMerchant terbaru dari Grab adalah inovasi yang sangat dibutuhkan saat ini dan akan sangat membantu mempercepat transformasi digital para UMKM di Indonesia sehingga mereka dapat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital,” tandasnya.

(LH)