Minggu Depan, Iklan Menyisip di IGTV

Addiction.id-Jakarta. Instagram TV (IGTV) akan menayangkan iklan mulai minggu depan. Iklan baru muncul jika pengguna mengklik “tonton di IGTV”‘ setelah melihat preview di linimasa. Iklan ini maksimal berdurasi 15 detik dan tampil secara vertikal.
Menurut CEO Instagram Justin Osofsky, Instagram akan memberikan 55% dari total pendapatan iklan kepada kreator, dikutip dari The Verge, Rabu (27/5).
Namun, iklan di IGTV itu hanya berlaku untuk 200 kreator besar. Misalnya, Lele Pons dan Adam Waheed yang bekerja sama dengan pengiklan besar seperti Ikea, Puma, dan Sephora.
Osofsky menyampaikan bahwa pesan promosi hanya akan muncul di konten yang ramah iklan. Artinya, kreator harus mematuhi kebijakan monetisasi IGTV yang ia sebut berbeda dengan kebijakan konten biasa di Instagram.
“Contohnya, kreator boleh mengumpat di video mereka, namun mereka tidak diizinkan melakukan monetisasi,” kata Osofsky.
Moderasi konten penting dilakukan oleh Instagram jika ingin skema tersebut berjalan lancar. Instagram pun harus menjamin penonton IGTV cukup tinggi dan mereka berinteraksi dengan iklan.
Selain itu, Instagram juga harus memastikan bahwa iklan muncul di konten yang tepat agar monetisasi aman. Berkaca dari YouTube saat 2019, para pengiklan memangkas ongkis iklan lantaran ada kreator yang memuat konten pelecehan seksual.
Untuk mengantisipasi hal itu, ujar Osofsky, IGTV akan diawasi oleh manusia untuk memfilter konten–selain mesin. Mereka akan memeriksa video dulu, sebelum menyetujui monetisasi. Namun, Osofsky menyebut Instagram masih akan bergantung pada moderasi Facebook terkait hal tersebut.
(LH)