Permudah Belanja Online, MNC Sisipkan Kode QR di Iklan

Addiction.id-Jakarta. Media Nusantara Citra (MNC) akan menyisipkan kode berbasis QRIS (QR Code Indonesian Standard) yang dapat dipindai untuk berbelanja selama iklan.

Adapun kode ini akan ditaruh di layar selama iklan di seluruh stasiun televisi terestrialnya (RCTI, MNCTV, GTV, iNews). Nantinya, kode QR tersebut akan diarahkan ke layanan jual beli yang disediakan, Nawalakarsa, Rabu (6/5).

Pengguna bisa memanfaatkan layanan e-money yang mendukung QRIS seperti SPIN–layanan e-money milik grup MNC. GoPay, OVO, DANA dan LinkAja pun bisa digunakan.

MNC berencana bahwa wacana itu akan direalisasikan pada bulan ini. Khusus untuk RCTI+, konsep belanja ini akan diterapkan pada kuartal ketiga tahun ini.

Inisiatif iklan menjadi sumber pendapatan baru bagi MNC. MNC akan mendapat database dan analitik, sebab MNC mengendalikan seluruh traffic end to end. QRIS akan dibebankan premi kepada pengiklan.

Sementara, bagi hasil pendapatan akan diterapkan untuk setiap produk yang terjual.

Keuntungan MNC selama pandemi virus corona terbilang mujur. Beralihnya pola periklanan dari luar ruang ke layar kaca membuat pendapatan iklan MNC mencapai Rp 1,81 triliun pada kuartal pertama 2020. Angka itu meningkat 3% dibanding kuartal pertama tahun 2019.

Tak hanya dari televisi, MNC pun mendapat penghasilan dari layanan digital. Bisnis Multichannel Network (MCN) milik grup MNC berhasil menarik lebih dari 3 miliar viewers dan 29 juta subscribers dalam 8 bulan beroperasi.  Selain itu, MNC telah mencapai bersepakat dengan Facebook yang akan membuat pendapatan iklannya diprediksi melejit pada tahun ini. (LH)