Rebranding, Volkswagen Ubah Logo

Addiction.id-Jakarta. Perusahaan Volkswagen (VW) mengubah logonya. Hal ini menjadi langkah rebranding. Dengan logo baru, menyimbolkan perusahaan ini lebih ramah digital dibanding sebelumnya.

Logo yang bertahan selama beberapa dekade itu pada akhirnya diubah. Rebranding besar-besaran dilakukan dan sudah diluncurkan di pasar Amerika Serikat. Huruf V dan W kini dipisahkan dan menggantung di lingkaran melingkupinya.

Pihak VW mengatakan pada Sabtu (11/4), dengan desain minimalis, memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dan keserbagunaan dalam hal simbol. Logo baru lebih datar dan dua dimensi. Pun merupakan versi modern dan dinilai sederhana dari logo sebelumnya–yang telah bertahan selama lebih dari 70 tahun.

“Tentu saja, rebrand ini juga membawa Volkswagen ke era digital, mengubah logo klasik kami menjadi merek dagang yang mudah ditampilkan secara digital pada perangkat dan aplikasi,” ujar Kepala Desainer Volkswagen, Klaus Bischoff.

Rebranding pun akan berfungsi bagi skala kecil, seperti arloji atau telepon pintar, serta yang dipakai untuk pabrik perusahaan ke depannya.

‚ÄúSebagai prinsip umum, tujuan kami bukan untuk menunjukkan dunia periklanan yang sempurna; kami ingin menjadi lebih manusiawi dan lebih hidup, untuk mengadopsi perspektif pelanggan lebih luas dan untuk menceritakan kisah otentik,” tutur Jochen Sengpiehl, Kepala Marketing Officer Volkswagen.

Rebranding pun membawa perubahan signifikan lainnya pada merek VW dan strategi pemasarannya. Warna biru dan putih logo menjadi biru tua, dan memungkinkan untuk varian warna tambahan.

Pada pertengahan 2020, VW berencana untuk menyelesaikan peluncuran rebrand di 10.000 diler di 171 pasar yang mencakup 154 negara. Rencananya, logo baru VW ini akan diluncurkan di AS melalui kendaraan terbaru Volkswagen Atlas Cross Sport 2020. (LH)