Apple Luncurkan Aplikasi Screening Virus Corona

Addiction.id-Jakarta. Perusahaan teknlogi Apple baru meluncurkan aplikasi terbaru dengan nama Apple Covid-19, pada Jumat (27/3), dilansir dari CNBC.  Selain itu, Apple juga membuat situs khusus untuk screening gejala virus corona, Covid-19 Screening Tool.

Adapun aplikasi dan layanan itu merupakan hasil kerja sama Apple dengan Center for Disease Control and Prevention (CDC), Federal Emergency Management Agency (FEMA) dan Gedung Putih.

Sebagai informasi, Apple COVID-19 bisa diunduh di App Store untuk pengguna iPhone dan iPad dengan iOS 13.1 ke atas. Sementara, situs COVID-19 Screening Tool yang bisa diakses melalui perangkat Mac, Windows atau Android.

Aplikasi ini akan menanyakan sejumlah pertanyaan seputar riwayat perjalanan dan kontak dengan orang yang positif, serta gejala yang dialami pengguna. Setelahnya, pengguna akan diarahkan menuju laman yang berisi rekomendasi langkah selanjutnya, termasuk rekomendasi apakah perlu mengikuti tes COVID-19 atau tidak.

Jika ternyata harus mengikuti tes, Apple hanya memberi saran untuk mencari informasi lebih lanjut tentang lokasi tes virus corona dan menyarankan segera hubungi 911 jika gejala dirasa parah.

Aplikasi dan situs ini tidak mengharuskan pengguna untuk sign ini dengan Apple ID. Perusahaan ini pun tak tidak mengumpulkan atau membagikan data—yang dapatkan dari layanan tersebut.

Sebelumnya, Apple menghadirkan fitur baru di Siri untuk screening gejala virus Corona. Pengguna yang bertanya ‘How do I know if I have coronavirus’ kepada Siri, akan diberikan beberapa pertanyaan dan diarahkan ke informasi dari CDC. (LH)