Sensitif Isu Corona, Axe dan Hershey Tarik Iklannya

Channel9.id-Jakarta. Pandemi virus corona telah menyebar ke berbagai belahan dunia, dan merenggut ribuan nyawa. Virus yang datang tiba-tiba dan cepat itu membuat dunia tidak siap. Termasuk pemasar seakan tergesa-gesa mengambil tindakan mengantisipasi wabah global. Beberapa merek terkenal menarik atau menunda kampanye iklan yang mungkin terlihat tidak sensitif saat ini.

Setelah Kentucky Fried Chicken  menarik iklan ‘finger lickin good‘ alias menjilat jari, kini giliran Axe. Produk perawatan pria ini mempertimbangkan untuk membatalkan kampanye iklannya setelah turnamen basket NCAA dibatalkan selama wabah virus corona.

Iklan Axe itu menampilkan kerumunan penonton di satu pertandingan basket. Saat pertandingan berlangsung seru, penonton terlihat bersorak. Namun, kehebohan terjadi. Seorang pria dengan ketiak berbau tidak sedap mengganggu kenyamanan orang-orang di stadion. Para penonton terlihat panik dan berebut keluar.

Masker oksigen pesawat tiba-tiba muncul di kerumunan penonton, untuk melindungi dari bau menyengat. Produk milik Unileer yang juga sponsor NCAA ini menangguhkan kampanye iklan Axe tersebut.

Tak hanya Axe, coklat Hershey pun terpaksa menarik iklannya. Kampanye “Heartwarming the world” itu dianggap tidak sesuai dengan gerakan social distancing saat ini. Seorang pria dalam iklan tersebut terlihat membagi-bagi coklat Hershey. Pria tua itu berbagi coklat dengan jabatan tangan serta pelukan hangat.

“Dengan sangat menyesal, kami memutuskan untuk mengganti iklan tentang interaksi manusia, termasuk pelukan dan jabatan tangan karena sensitivitas isu virus Coid-19,” ujar Kepala Pemasaran Hershey, Jill Baskin sebagaimana dilansir adage.com, Senin (16/3).