Pentingnya Kecepatan Akses Konten Untuk Tingkatkan Pendapatan Iklan

Addiction.id-Jakarta.Banyak pengguna media daring cenderung meninggalkan laman, bila proses memuat konten melebihi waktu tiga detik. Hal ini sebagaimana dituturkan oleh CEO Google Partner Props Ilona Juwita.

“Pasalnya, sekitar 53% pengunjung cenderung meninggalkan laman bila waktu memuat (loading) konten lebih dari 3 detik,” ujarnya di Seminar Nasional bertajuk “Peran Pers di Era Disrupsi Media, Mendorong Media Daring Tumbuh Sehat dan Berkembang” di Gedung Sate, Bandung, Kamis (12/3/2020).

Menurutnya, pemuatan konten di media daring harus cepat. Paling tidak memerlukan waktu maksimal 3 detik.

Kecepatan akses media daring disinyalir menentukan tingkat monetisasi yang dikembangkan, terutama dalam implementasi Googgle Adsense.

Dengan akses yang cepat, lanjut Ilona, iklan menjadi 25% lebih mudah dilihat pengguna. Karenanya pendapatan iklan bisa menjadi dua kali lebih besar.

Terlebih lagi jika desain iklan berbentuk vertikal. Sebab di media daring desain itu berpeluang memiliki keterlihatan yang tinggi, jika dibandingkan dengan bentuk horizontal.

“Terutama ketika iklan muncul saat pengguna sedang membaca konten, baik di sisi kanan maupun di tengah konten,” pungkas Ilona. (LH)