Presenting itu Penting!

Addiction.id-Jakarta. Kemampuan menyampaikan pesan sangatlah penting dalam suatu presentasi. Terlebih untuk memenangkan pitching.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Direktur Perencanaan Strategis Fortuna Indonesia Edhy Bawono, saat di workshop The Essential of Account Management, Imago, Darmawagsa Square, Jakarta Selatan, Rabu (11/3).

Edhy berpendapat, jika pengirim pesan tak bisa menyampaikan pesan dan menyatukan frekuensi dengan audiens, itu artinya pengirim pesan tak begitu paham materi yang disampaikannya.

“Make it (red: materi) simple is hard. But, melihat is simple,” sambungnya.

Menimbang hal itu, ia menyebut peningkatan kinerja individu adalah hal penting. Merujuk pada survei Forbes di 2014, 70 persen karir bisnis bergantung pada presentasi.

“Presentasi is a big challenge. Kalau kalian presentasi dan you can defend your argument, itu bagus. Presentasi itu penting in every life stages. Like it or not, itu bagian dari pekerjaan,” tandas Edhy.

Kemudian, lanjut Edhy, individu harus meningkatkan kualitas diri.

Ia kembali menekankan, mula-mula setiap individu harus menyadari bahwa presenting itu penting. Karenanya, perlu usaha serius. “Sehingga semua upaya pembuatan bahan presentasi, dari riset hingga presentasi, tidak sia-sia,” tegas Edhy.

Sebab hal itu sangat berpengaruh pada pembuat keputusan.

Edhy mengaku dirinya selalu berpesan kepada yang lain agar terlibat dalam pembuatan bahan presentasi. “Kita gak tau kejadian nantinya bakal seperti apa. Banyak hal unexpected terjadi. Biar seluruh anggota tim tahu apa yang akan dipresentasikan,” jelasnya.

Terakhir, ia menjelaskan peningkatan bisnis itu juga penting. Menurutnya, pitching atau promosi bisa menang jika penyampaian ide, baik. “Pitch won: 70% from delivery , 30% is content. We have to make sure that delivery kita baik,” lanjut Edhy.

Ia menginginkan pesan yang disampaikan peserta workshop ini tersampaikan kepada audiens; jika mereka presenting ke depannya. “Saya mau powerful ideas delivered oleh kalian. Saya harap kalian pede,” kata Edhy.

(LH)