YouTube Hapus Konten Hoaks Terkait Obat Virus Corona

Addiction.id-Jakarta. Wabah virus corona menjadi momen bagi sejumlah aktor untuk menebar hoaks demi meraup keuntungan. Di bawah rasa khawatir terdampak virus, penerima informasi sering kali mudah percaya hoax.

Belakangan, muncul video di YouTube terkait jamu atau obat yang diklaim bisa sembuhkan COVID-19, bahkan lebih manjur dari dokter.

Pihak YouTube menanggapi terkait penyebaran hoaks terkait hal itu.

Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia Putri Alam menuturkan pihaknya akan menghapus video terkait jamu atau obat yang diklaim bisa sembuhkan COVID-19, bahkan lebih ampuh dari dokter.

“Karena itu bisa buat orang untuk tidak cari bantuan medis,” sambung Putri di Diskusi Publik Mitigasi Hoax Virus Corona di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Menurut Putri, apa pun yang menghambat pengguna untuk mencari bantuan medis, pihaknya pasti akan menghapusnya. “Yang jelas virus corona ini hanya bantuan medis yang bisa membantu,” lanjutnya.

Tindakan itu, lanjut Putri, sesuai dengan kebijakan YouTube–yang hanya menampilkan konten yang terbukti secara medis. Jika melanggar ketentuan, YouTube akan mengerahkan machine learning dan pengamatan manual. Selain itu, pengguna YouTube dan pemerintah–melalui Kominfo–pun bisa melaporkan konten sesat.

Putri mengaku tak tahu pasti jumlah video yang telah dihapus.

(LH)