Lebih Baik Mana: Iklan atau SEO?

Addiction.id-Jakarta. Pengusaha bisa memasarkan produknya melalui iklan atau website. Namun, untuk mengembangkan bisnis secara efeketif, kira-kira, mana ya lebih penting: iklan atau mengoptimalisasi Search Engine Optimization (SEO) website?

Seorang pakar Neil Patel–yang dikenal lewat CrazyEgg, UberSuggest, KISSmetrics, Neil Patel Digital memberi pendapat tentang hal ini. Ia menjelaskan bahwa semua butuh keseimbangan. Jadi, tidak bisa hanya salah satu yang dijalankan.

“Ini bukan masalah lebih baik menggunakan SEO atau iklan, kamu akan menggunakan SEO, e-mail, iklan, itu bukan lagi permasalahannya,” jelasnya, di acara SEOCon 2020, Rabu (26/2/2020), Kota Kasablanka Mall, Jakarta Selatan.

Hal pertama yang harus diperhatikan, lanjut Patel, adalah membangun citra brand yang kuat terlebih dahulu baru. Lalu, founder bisa optimalkan brand dengan berbagai cara pemasaran dan optimasi SEO.

Optimalisasi SEO harus dibarengi dengan kemampuan membangun kedekatan dengan user–yang berkunjung ke website yang dibangun. Sebisa mungkin membikin user terus datang ke website.

“Tidak ada cara lain lagi, ini harus terus dilakukan. Ini semua tentang user experience. Ketika mereka menggunakan internet, pasti itu adalah untuk hal yang menjawab apa yang mereka cari. Mereka datang karena mencari jawaban, berikan mereka jawaban,” jelasnya.

Antara iklan dan SEO, Niel menegaskan, untuk membangun brand semua harus dilakukan dengan berbagai cara dan kerja keras.

Dengan SEO, menurutnya, bisa menambah nilai. “Belajar SEO itu adalah hal baik yang bisa dilakukan. Berikan juga konten yang mengedukasi,” tutup Niel.

(LH)