DPR Batasi Penayangan Iklan-Iklan Negatif bagi Anak

Addiction.id-Jakarta. DPR RI meminta media massa menyajikan tayangan yang positif bagi anak-anak, dari film hingga iklan.

Wakil Ketua Komisi I DPR Bambang Kristiono, mengatakan kepada media massa, khususnya stasiun televisi, agar menayangkan konten positif, edukatif, dan ramah bagi anak-anak.

Hal itu ia utarakan ketika rapat bersama Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Selasa (25/2) kemarin.

Tak hanya itu, ia melanjutkan bahwa Komisi I diminta membatasi tayangan iklan-iklan yang berpotensi mempengaruhi perilaku negatif terhadap anak.

“Mereka semua concern bahwa tak sedikit pelanggaran yang dilakukan anak-anak akibat dari tayangan maupun iklan. Untuk itu, mereka menyarankan kepada kami, bahwa iklan-iklan yang punya peluang mempengaruhi perilaku anak agar dibatasi,” ungkap Bambang, di Kompleks Parlemen Senayan, dikutip dari monitor.

Menurut Bambang, saran itu akan menjadi pertimbangan dalam RUU Penyiaran. Sehingga tayangan yang tidak hanya menghibur, namun juga sebagai sarana edukasi.

“Kami yakin bahwa masukan tersebut akan sangat baik dalam menghasilkan produk legislasi Penyiaran yang non diskriminasi,” pungkasnya.

(LH)