Berdurasi Panjang, Iklan di Youtube Tetap Dinikmati

Addiction.id-Jakarta. Creative Agency Lead Google Indonesia Ishak Reza, mengatakan semakin banyak pengguna yang menonton iklan berdurasi panjang.

Pasalnya, hasil pantauan Youtube, dari 50 iklan terfavorit selama periode 2017-2019, terdapat 38 iklan yang berdurasi lebih dari satu menit. Sedangkan sisanya di bawah 45 detik.

Menurut Reza, hal itu terjadi karena banyak pengguna yang mencari konten. Namun, banyak pembuat konten menyajikan kontennya dengan durasi lebih dari satu jam. Kendati berdurasi panjang,  pengguna tetap menontonnya

Kini, lanjut Reza, melalui Youtube periklanan tak terbatas oleh durasi seperti sebelumnya. “Jadi biasanya kalau di TV paling banyak 30 detik. Sehingga karena ada jualan produk di dalamnya orang terhimpit dengan durasi, jadi kadang orang enggak mau nonton iklan karena jualan produk doang,” terangnya di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (30/1).

“Dengan adanya Youtube durasinya yang unlimited makin bisa berkreasi orang kreatifitasnya lebih berkembang terus, membangun cerita yang relevan baru jualan produk,” sambung Reza.

Selain itu, YouTube melihat keberadaan pembuat konten iklan sebuah merek di Youtube lebih menarik. “Karena bisa menjangkau penonton loyal konten kreatornya dan udah punya konten yang spesifik,” lanjut Reza. (LH)