Xiaomi Umumkan Investasi US$ 7 miliar Untuk Teknologi 5G, AI, dan IoT

Addiction.id-Jakarta. Produsen smartphone asal China Xiaomi Corp bakal berinvestasi lebih dari 50 miliar yuan atau sekitar US$ 7.18 miliar untuk artificial intelligence atau kecerdasan buatan dan generasi kelima teknologi internet untuk lima tahun ke depan. Keputusan ini diambil seiring dengan persaingan yang semakin ketat pada sektor ini.

Kepala Eksekutif Xiaomi Lei Jun di akun sosial media perusahaan mengungkapkan kebijakan tersebut, namun tidak merinci secara spesifik investasi tersebut.

“Kami secara berkesinambungan memperbarui keunggulan kami dalam AIoT dan kehidupan cerdas untuk memperkuat status kami sebagai raja di era cerdas,” ujar Lei Jun, sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (2/1).

Pengumuman tersebut merupakan realisasi janji Xiaomi pada tahun lalu yang akan meningkatkan investasi sebesar 10 miliar yuan selama kurun waktu lima tahun dalam strategi “All in AloT”.

Lei Jun juga mengungkapkan, pada Oktober 2020 Xiaomi bakal meluncurkan lebih dari 10 jenis handphone teknologi 5G.

Perusahaan yang berbasis di Beijing ini memulai usahanya pada pembuatan handphone yang terjangkau harganya. Saat ini, Xiaomi juga membuat produk-produk pintar lainnya seperti smart TV hingga penanak nasi.

Meski demikian, di dalam negeri Xiaomi juga bersaing sangat ketat dengan Huawei Teknologi, yang merebut 42% pasar telepon pintar China pada kuartal ketiga tahun 2019.