Fitur Baru di 2020 Mendatang, Akan Ada Iklan di Status WhatsApp

Addiction.id-Jakarta. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, WhatsApp kerap menghadirkan fitur-fitur baru. Di 2019, WhatsApp memunculkan fitur baru yang merupakan pengembangan fitur sebelumnya. Misalnya, WhatsApp Status atau WhatsApp Stories, dan fitur keamanan sidik jari.

Di 2020 mendatang, WhatsApp akan memunculkan fitur-fitur baru. Adapun di antaranya:

Iklan di Status WhatsApp

Nantinya akan ada iklan terselip di antara WhatsApp Status. Saat iklan tersebut dibuka, iklan akan memenuhi layar, mirip dengan iklan yang muncul di Instagram Stories. Iklan tersebut akan lengkap dengan ikon “swipe-up” yang akan mengarah ke situs pengiklan.

Penampakan iklan di WhatsApp

Ada rencana alternatif untuk menempatkan iklan di tengah beranda “chat”. Namun, belum diketahui detailnya kabarnya.

Kendati baru wacana, fitur ini menuai pro dan kontra. Pasalnya, selama ini WhatsApp adalah satu-satunya platform di bawah naungan Facebook.Inc yang bersih dari iklan.

Dark Mode untuk Android dan iOS

Dark mode atau mode gelap kerapkali diminta para pengguna WhatsApp. Fitur ini kemungkinan besar baru akan siap tahun 2020 mendatang.

WhatsApp pun dikabarkan akan menghadirkan opsi mode gelap dengan ekstra fitur penghemat daya khusus untuk layar AMOLED. Selain itu, pengguna pun nantinya dapat mengatur mode gelap secara manual atau otomatis, mengikuti pengaturan ponsel saat berada di mode hemat daya.

Hapus Pesan Rahasia Otomatis

Fitur ini awalnya diberi nama Disappearing Messages. Namun selanjutnya, fitur tersebut berubah nama menjadi Delete Messages.

Fungsi fitur ini mirip dengan Secret Chat di Telegram. Jadi, nantinya WhatsApp dapat menghapus pesan secara otomatis setelah beberapa waktu, bisa hitungan jam, hari, minggu, bulan, bahkan tahun. Namun, fitur ini hanya akan tersedia di grup WhatsApp bukan ruang obrolan personal. Dan hanyabadmin grup yang bisa menggunakannya.

Dukungan Sistem Operasi

Mulai tahun depan, WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk Android dan iOS versi lawas. Jadi, android versi 2.3.7 dan iOS 8 atau versi lebih lama, tidak akan bisa menjalankan WhatsApp lagi.

Reverse Image Search

Fitur terakhir yang kabarnya akan dirilis WhatsApp tahun depan adalah Reverse Image Search. Dengan fitur ini, pengguna dapat lebih mudah menelusuri dari siapa gambar yang ia terima.

Informasi tentang fitur ini masih sedikit. Namun, jika dilihat dari fungsinya, fitur ini bisa digunakan untuk menelusuri gambar berisikan informasi palsu yang kerap beredar di WhatsApp. (LH)