Mobile LED, Sarana Beriklan Luar Ruang

Addiction.id-Jakarta.  Hari ini, Jumat terakhir di tahun 2019, pada sore hari  di Jakarta dilanda hujan deras. Waktu baru saja menunjukkan pukul 16.00 WIB, tetapi langit ibu kota sangat gelap. Jalan protokol seperti Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin mengalami kemaceran yang luar biasa.

Sebuah mobil mencuri perhatian karena di bagian body terlihat sangat terang. Cahaya yang cukup mencolok dari mobil mirip box itu muncul karena adanya tayangan yang sangat atraktif.

Rupanya itu adalah mobil iklan bergerak keliling di jalan-jalan utama Jakarta keluaran StickEarn yang berkolaborasi dengan sebuah perusahaan jasa periklanan, Ming Promotion.

Startup di bidang teknologi periklanan yang hadir mulai tahun 2017, StickEarn, bersama Ming Promotion menghadirkan lebih dari 50 unit videotron raksasa yang dinamakan Mobile LED.

Mobile LED tersebut berjalan di atas truk yang didesain khusus setiap hari menyusuri rute-rute pusat bisnis, komersial, dan residensial di Jakarta.

Archie Carlson, Co-Founder StickEarn menjelaskan, pihaknya melakukan inovasi untuk iklan luar ruang yang berbeda dengan lainnya.

“Kolaborasi dengan Ming Promotion merupakan langkah strategis StickEarn untuk mengembangkan kategori baru dalam dunia iklan luar ruang, yaitu videotron berjalan dan menjadi yang terdepan dalam pasar videotron berjalan di Indonesia,” ujar Archie.

Ia mengungkapkan, rencananya akan ada 50 unit Mobile LED yang beroperasi mengelilingi sebagian Jakarta. Archie menyebut, rencananya tahun depan StickEarn dan Ming Promotion bakal menambah unit truk dan berencana untuk ekspansi ke beberapa kota di luar Jakarta.

Sementara itu Ali Salim, Direktur Ming Promotion mengatakan, kerja sama ini diharpakan mampu menyajikan platform beriklan luar ruang yang terukur dan dapat membantu banyak perusahaan dalam mengkalkulasi efektivias beriklan.

“Kami melihat kolaborasi adalah hal yang lebih penting daripada kompetisi. Kemitraan ini, selain membuat kami dapat menyuplai jumlah unit videotron berjalan yang tak tertandingi, termasuk juga memperlebar cakupan area layanan kami untuk memenuhi kebutuhan pasar, untuk memenuhi permintaan pasar,” ujar Ali Salim.

Saat ini sudah ada sepuluh rute yang dikelilingi oleh Mobile LED. Beberapa rute tersebut mencakup kawasan Sudirman, Kelapa Gading, Pondok Indah, Menteng, dan beberapa daerah lainnya di Jakarta. StickEarn telah hadir di Indonesia sejak tahun 2017. Dengan visi untuk menghadirkan layanan iklan luar ruang.  StickEarn baru-baru ini menutup pendanaan Seri A sebesar 77 miliar rupiah dari SMDV, East Ventures, serta Grab dan OVO.