Merek Paling Inovatif Asia Pasifik di Twitter

Addiction.id-Jakarta. Twitter merilis daftar peluncuran merek paling kreatif di Asia Pasifik yang sesuai dengan platformnya, Senin (23/12). Merek-merek tersebut dinilai Twitter memiliki formula yang pas saat meluncurkan produknya di layanan jejaring sosial dan mikroblog daring itu.

Berikut merek-merek paling inovatif tersebut:

OnePlus

Ponsel produksi China dianugerahi “Best Purpose Driven Launch” saat bekerjasama dengan World Wildlife Fund (WWF) India dan Twitter India untuk merayakan hari jadi ke 1.500 layanan operasi Oxygen OS.

Sebagai bagian dari perayaan, OnePlus meluncurkan ajakan untuk melakukan aksi tanam pohon di India untuk setiap cuitan dengan hashtag #OxygenOS selama 24 jam.

Kampanye tersebut berhasil mendapatkan 27.000 cuitan dalam waktu 24 jam, artinya OnePlus menanam 27.000 pohon baru di India. Hal ini berarti meningkatkan 15 kali peningkatan percakapan tentang OnePlus di Twitter. Selain itu, juga meningkatkan sentimen positif untuk merek Twitter dari 18% menjadi 77%.

Uber

Platform transportasi daring ini mempromosikan petisi pemakaian emoji hati berwarna pelangi atau ‘Pride Heart Emoji’ di Change.org untuk konsorsiium Unicode—sebuah lembaga nirlaba yang mengembangkan Unicode Emoji.

Petisi ini sebagai respon atas putusan Mahkamah Agung India pada 18 September 2018, yang dinilai melakukan kriminalisasi terhadap kaum homoseksual. Petisi Uber ini menghasilkan 34.348 tanda tangan dan meningkatkan 65% sentimen positif sebelum dan sesudah kampanye emoji hati di Twitter.

Sportbet

Judi online asal Autralia ini dipilih atas mereknya yang khas di Twitter dengan menggunakan percakapan yang menarik dan meme kontemporer.

Sportsbet menggunakan budaya pop untuk mendorong olahraga selama berlangsungnya salah satu event olahraga terbesar di Australia.

Oppo 

Perusahaan elektronik milik China ini dipilih karena menggunakan influencer dan kreator dengan cara baru dan unik saat merilis teknologi kamera zoom dan 5G. dengan mengundang Jonathan Morrison, seorang kreator konten asal Amerika Serikat pada event di Kongres Telepon Selular Dunia di Barcelona tahun ini.

Morrison digaet Oppo untuk menjadi host pada demo secara livestreaming dalam penggunaan teknologi kamera di Periskop, Cara ini berhasil meningkatkan pemasaran untuk komunitas penggemar teknologi di Twitter. Selain itu, dia juga bekerja sama dengan Twitter ArtHouse, sebuah tim yang menghubungkan pemilik merek dengan influencer, artis, dan editor untuk membuat konten pertama di Twitter pada saat event tersebut.

Strategi ini memungkinkan Oppo menggaet 8.7 juta viewers dalam laman acara #GetCloserWithOPPO selama kongres tersebut berlangsung. Selain itu, cuitan yang menarik ini membuat keterlibatan komunitas meningkat sebanyak 19,57%. Secara keseluruhan, basis pengguna Oppo di Twitter meningkat sembilan kali lipat dari pertumbuhan rata-rata harian.

Spotify

Untuk meningkatkan pengguna Spotify di Indonesia dan Thailand, platform musik streaming ini memakai pengikut Twitter sebagai kreator konten resmi secara live dengan melibatkan mereka.

Dimulai dengan cuitan tentang ‘Guess the Line Up’, yang melibatkan pengguna Twitter bebas berbincang terkait artis favorit dan daftar lagu yang bakal rilis.

Mereka juga bisa berinteraksi langsung dengan artis pujaannya yang muncul dalam segmen tanya jawab dengan hashtag #SpotifyOnStage. Cuitan terbaik, bakal muncul di layar dan didiskusikan langsung oleh pembawa acara.

Xbox

Pada gelaran game di Penny Arcade Expo 2019 (PAX AUS)  Australia, Xbox membangun mesin permainan yang didukung oleh Twitter. Pemenang berkesempatan untuk meraih hadiah jalan-jalan ke X019 di London, Inggris.

Selama tiga hari event PAX berlangsung, penggila game juga dapat memenangkan poin dengan menyelesaikan tantangan online di acara ‘Xbox PAX Twitter Hunt’. Pada acara PAX tersebut, Xbox berhasil menjadi merek yang paling sering ditweet.