Laba Turun, Dentsu Restrukturisasi Pegawai

Addiction.id-Jakarta. Perusahaan periklanan terkemuka asal Jepang, Dentsu, berencana merekstrukturisasi usahanya. Langkah tersebut diambil setelah menurunnya performa di tujuh cabang yang berada di Australia, China, Singapura (termasuk kantor pusat),Inggris (termasuk kantor pusat global), Perancis, Jerman, dan Brazil.

Imbas dari restrukturisasi ini, induk dari Dentsu Aegis Network (DAN) yang berpusat di London, Inggris, akan memotong 11% dari total karyawan di masing-masing tujuh kantor perwakilan. Artinya sekitar 3% dari total seluruh karyawan Dentsu.

Mengutip dari TheDrum.com, berdasarkan keterangan dari  Dentsu, sekurangnya 179 juta poundsterling atau sekitar 236 juta dolar AS akan disiapkan terkait restrukturisasi. Menurut Dentsu, dengan restrukturisasi ini akan menghemat setidaknya 100 juta poundsterling atau sekitar 132,5 juta dolar AS.

Dentsu juga mengumumkan penurunan laba untuk periode tahun 2019 ini dari USD327 juta menjadi USD57 juta.

Sebelumnya, DAN juga telah mengalami gejolak sepanjang 2019, setelah pada awal tahun mengumumkan restrukturisasi operasi di Singapura dengan dirumahkannya sekitar 2% pegawai. Restrukturisasi berulang di pertengahan tahun, yakni pada Juli 2019.

Setelah restrukturisasi, DAN ditinggalkan beberapa petinggi seperti Kepala Eksekutif DAN Singapura dan Asia Tenggara Phil Teeman, Kepala Eksekutif DAN China Susana Tsui, serta Kepala Media Sean O’Brien.