Penghasilan Iklan di Internet Lebih Besar Dari TV

Addiction.id-Jakarta. Hingga penghujung 2019, penghasilan iklan yang diperoleh dari periklanan internet jauh lebih besar daripada periklanan televisi.

“Kalangan industri per televisian di Jepang kini penghasilannya jauh menurun ketimbang periklanan yang dipasang di internet,” ungkap Akira Ikegami seorang pembaca acara TV Jepang, yang juga wartawan senior Jepang, akhir pekan lalu.

Hal itu dibuktikan dengan data yang dihimpun oleh asosiasi periklanan Jepang. Data tersebut memperlihatkan grafik yang kian menurun, di mana grafik ini menunjukkan penghasilan periklanan di televisi Jepang, sejak tahun 2005 hingga kini.

Jumlah yang mulanya mencapai sekitar 2,2 triliun yen per tahun, di akhir Desember 2018 hanya mencapai 1,75 triliun yen. Angka pertama sama dengan iklan yang diserap kalangan internet. Misalnya dipasang di Google Jepang, Yahoo Jepang dan sebagainya.

Artinya, pendapatan iklan yang diperoleh dari televisi Jepang per akhir 2019 lebih rendah daripada pendapatan iklan di internet.

“Anak muda Jepang mulai sekolah dasar sampai kalangan dewasa setiap hari setiap waktu lihatnya ke ponsel. Mereka jarang ke televisi. Tidak heran kalau akses internet dan perhatian terhadap internet lebih besar daripada ke televisi. Sehingga pemasang iklan lebih memilih internet daripada televisi,” tandas Ikegami.