ADdiction

Yamaha-Honda Balapan Ketat dalam Anggaran Belanja Iklan 2019

Addiction.id-Jakarta. Adu balap pabrikan sepeda motor di layar iklan televisi ternyata seru juga. Sepanjang Januari hingga Oktober 2019, lima merek motor menggelontorkan dana Rp.395 miliar untuk belanja iklan mereka. Yamaha tercatat menjadi merek yang besar berbelanja iklan, senilai Rp.152,58 miliar.

Namun, berdasarkan data yang dirlis PT Sigi Kaca Pariwara (Adstensity), medio Desember 2019 silam, belanja iklan Yamaha sepertinya meliputi semua varian merek yang mereka punya. Beda dengan Honda. Pabrikan cap sayap ini mengeluarkan dana sebesar Rp.87,44 miliar hanya untuk memasang iklan motor Honda Genio di televisi. Lalu, untuk varian Honda ADV 150, anggarannya mencapai Rp.57,05 miliar dan untuk Honda Vario Rp.39,12 miliar.

Jadi, untuk tiga varian merek itu saja, Honda merogoh kocek hingga Rp.184,95 miliar. Belum lagi merek-merek Honda lainnya seperti Beat dan Scoopy. Alhasil, Honda menjadi pembelanja terbesar di layar iklan televisi. Di belakang Honda dan Yamaha, Suzuki mengekor dengan belanja Rp.58,39 miliar.

Namun, menurut Adstensity, data belanja iklan APM sepeda motor di televisi mengalami penurunan jika dibandingkan dua tahun sebelumnya. Penurunan baik secara nominal belanja maupun jumlah iklan dibandingkan periode sama 2017 dan 2018. 

Iklan televisi year on year periode Januari hingga Oktober 2017 mencapai Rp.522,11 miliar dengan jumlah iklan sebesar 19.029 iklan. Periode Januari hingga Oktober 2018 naik 4,40% dari  periode sama tahun sebelumnya dengan mencapai Rp545,11 miliar. Meski demikian, jumlah iklan turun 16,33% menjadi 15.922 iklan.

Periode Januari hingga Oktober 2019 mencapai Rp.470,41 miliar atau turun 13,70% dari periode sama 2018 yang capai Rp.545,11 miliar. Sedangkan jumlah iklan mencapai 15.114 iklan atau turun 5,07% dibandingkan dengan periode sama tahun 2018 yang mencapai 15.922 iklan.

Dominannya Honda di pasar iklan sepeda motor berbanding lurus dengan penjualan pabrikan tersebut. Sepanjang Januari hingga Oktober 2019 penjualan Honda mencapai angka 4,1 juta unit. Padahal, secara keseluruhan, penjualan sepeda motor di Indonesia pada 10 bulan pertama di 2019 mencapai lebih dari 5 juta unit.

Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyatakan, penjualan sepeda motor dari pabrik ke dealer (Wholesales) pada periode Januari-Oktober 2019 berada di angka 5.517.630 unit sepeda motor. Jumlah tersebut naik dibanding periode yang sama tahun lalu yang berada di angka 5.332.564 unit sepeda motor.

Berikut ini data penjualan motor 2019 periode Januari-Oktober:

Bulan Angka Penjualan
Januari 569,126
Februari 531,824
Maret 580,504
April 598,372
Mei 561,652
Juni 385,136
Juli 526,652
Agustus 596,887
September 569,979
Oktober 596,979
TOTAL 5,517,637

About author

Related Articles