ADdiction

Twitter Ungkap Kemungkinan Pemilu AS Pengaruhi Penjualan Iklan

Addiction.id-Jakarta. Menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) 3 November mendatang, Twitter mengakui pihaknya sulit memprediksi bagaimana pengiklan akan merespons situasi.

Berkaca dari peristiwa sebelumnya–yakni kasus kematian George Floyd pada Mei lalu, Twitter melaporkan banyak perusahaan yang menyetop anggaran untuk iklan pada kuartal II. Hal ini pun diprediksi kembali terjadi saat pemilihan AS.

Untuk diketahui, pengguna aktif harian Twitter di kuartal ini meningkat 1 juta dari kuartal sebelumnya yang menjadi 186 juta. Angka ini ternyata jauh dari analis yang memprediksi akan ada 195,2 juta pengguna, dilansir dari RTE, Sabtu (31/10).

Kendati begitu, pendapatan total Twitter tumbuh 14% dari tahun ke tahun menjadi USD 936 juta selama kuartal III–yang berakhir pada 30 September. Angka ini melampaui perkiraan analis sebesar USD 777,17 juta.

Menurut Kepala Keuangan Twitter Ned Segal, pertumbuhan tersebut didukung dengan format iklan terbaru, pengukuran iklan yang lebih baik dan kembalinya keadaan–yang sebelumnya sempat dihentikan karena pandemi Covid-19.

Perusahaan jejaring sosial ini berharap tren pendapatan ini bisa berlanjut naik atau lebih membaik di kuartal selanjutnya.

Secara rinci, diketahui bahwa pendapatan iklan di kuartal III melonjak 15% menjadi USD 808 juta jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Angka ini melampaui perkiraan USD 645,95 juta.

Biaya dan pengeluaran tumbuh 13% dari periode yang sama tahun lalu menjadi USD 880 juta, karena Twitter mengatakan telah menghabiskan lebih banyak untuk biaya terkait infrastruktur.

Adapun penghasilan bersih pada kuartal III ialah USD 28,66 juta atau 4 sen per saham. Nilai ini turun dari USD 36,5 juta atau 5 sen per saham pada periode yang sama di tahun lalu.

Lebih lanjut, Twitter menuturkan akan menunda peluncuran produk iklan baru hingga 2021. Alasannya, mereka akan mengintegrasikan persyaratan privasi data ponsel baru.

(LH)

About author

Related Articles