ADdiction

Tren Digital Media 2021: UMKM Main Medsos Hingga Game Mobile

Addiction.id-Jakarta. Seiring berjalannya waktu, teknologi digital semakin canggih. Penetrasinya di kalangan masyarat pun kian meningkat. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, yang membikin masyarakat semakin bergantung padanya.

Berangkat dari fakta tersebut, pengembang platform digital tertantang mengembangkan fiturnya dengan cepat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Nah, di 2021 ini, kiranya hal apa saja yang mesti dilakukan pengusaha untuk mengoptimalkan penyebaran pesan melalu platform digital?

Penggiat media sosial dan CEO Provetic—perusahaan konsultasi strategi berbasis data, Shafiq Pontoh, menjelaskan bahwa media sosial penting bagi pelaku UMKM. Melalui jalur digital ini, lanjutnya, pelaku UMKM bisa mendapat loyal konsumen.

“Tentukan produk-produk yang dibutuhkan oleh konsumen dan identifikasi produk agar mendapatkan loyal konsumen. Serta manfaatkan fitur platform digital,” kata dia, di acara Siberkreasi Hangout Online dengan tema “Tren Digital Media 2021”, Kamis (21/1).

Pada kesempatan yang sama, CEO Digital Nusantara—konsultan digital yang bergerak di konten dan periklanan—Glenn Jolondro menambahkan bahwa kerangka berfikir yang tepat untuk memanfaatkan sosial media agar tepat sasaran juga diperlukan.

“Kita harus mempunyai struktur atau kerangka berfikir dalam pemanfaatan sosial media di ranah digital agar tepat sasaran. Memanfaatkan semua platform digital dan mempelajari lebih dalam tiap platform sesuai fungsinya,” tuturnya.

Kepada audiens, ia juga mengatakan, pengelolaan konsumen adalah kunci di 2021. Misalnya, bagaimana membuat konsumen terus-terusan menggunakan jasa atau membeli produk dan menjadi pelanggan. Untuk itu, menyuguhkan produk atau jasa yang bernilai dan bisa dirasakan oleh konsumen menjadi keharusan. Sebab konsumen tak hanya melihat harga, tetapi juga nilai yang dimiliki brand.

Selain itu, Country Head Mobile Premiere League Ridzki Aulia Saputra mengatakan bahwa game mobile akan mendominasi dan bahkan leading di 2021 ini. Bukan cuma itu, industri ini akan lebih besar dari indstri lainnya. Hal ini seiring meningkatnya pengguna game online dan menguat serta meluasnya internet Indonesia.

Diketahui, rangkaian acara Siberkreasi tersebut digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Facebook.

Sejak digelar pada 2017, semasa Rudiantara menjabat sebagai Menkominfo, gerakan literasi digital Siberkreasi ditujukan untuk menanggulangi masalah yang muncul di era digital ini, seperti penyebaran hoaks, cyber bullying, dan online radikalisme. Pun sekaligus mengajak masyarakat untuk menggunakan internet dengan bijak dan bertanggung jawab. Harapannya, teknologi bisa berkembang dan masyarakat kian produktif di dunia digital.

(LH)

About author

Related Articles