ADdiction

Tokopedia Care Sabet Banyak Penghargaan di Level Asia Pasifik

Addiction.id-Jakarta. Tokopedia Care kembali memboyong penghargaan dari Contact Center World (CCW), sebuah ajang kompetisi bergengsi se-Asia Pasifik. Ia menyabet bersih 15 piagam di ajang penghargaan untuk para praktisi Customer Service di dunia ini.

Kemudian enam medali emas berhasil didapat dari sejumlah kategori, di antaranya Best Contact Center, Best Use of Self-Service Technology, Best Community Spirit, Best Technology Innovation, Best Home Remote Agent, dan Best Client Service Manager.

Lalu empat piagam perak didapat dari kategori Best Quality Auditor, Best Direct Response, Best Contact Center Design, dan Best Outsourcing Partnership.

Selain itu, Tokopedia Care pun berhasil mendapat lima piagam perunggu untuk kategori Best Analyst, Best Trainer, Best Outbound Campaign, Best Incentive Scheme, dan Best in Customer Service kategori.

“Tak hanya itu, semangat kolaborasi dan saling bahu membahu untuk menjadi garda terdepan pelanggan Tokopedia juga membuahkan hasil. Selain berhasil memenangkan 15 piagam, tim Tokopedia Care juga mendapatkan penghargaan ‘The Dream Team’ dari semua perusahaan yang berpartisipasi dalam kompetisi ini,” kata Tokopedia melalui keterangan resminya yang dirilis Jumat (13/11).

Pandemi Covid-19 memang membuat acara tersebut di tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, tim Tokopedia Care tak berhenti bergerak dalam mengimplementasikan DNA Focus on Consumer dan service value FIRST (Friendly, Proactive, Simple, Trusted)–sebagai pedoman untuk mewujudkan budaya customer-centric.

Di CCW Awards 2020, tim Tokopedia Care fokus untuk  mempertahankan kualitas dan memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan Tokopedia selama pandemi, meskipun harus bekerja.

“Bagi tim Tokopedia Care, kebijakan Working From Home (WFH) bukan penghalang untuk tidak memaksimalkan pelayanan, karena tim Tokopedia Care telah menerapkan layanan Digital Customer Service jauh sebelum pandemi terjadi,” ujarnya.

Melalui layanan Digital Customer Service, tim Tokopedia Care melayani para pelanggan melalui saluran interaksi seperti email, media sosial, live chat, pusat resolusi, dan Tanya–Asisten Virtual Tokopedia Care. Teknologi yang sebagian besar terintegrasi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) ini mampu membantu merespons pelanggan. 

Lebih lanjut, Tokopedia Care menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejak Januari 2020 untuk mengikuti CCW.  Mula-mula, para peserta menyiapkan topik sesuai kategori yang dipilih–sebagai bagian dari proses penyeleksian. Setelah lulus penyeleksian, peserta dibina oleh komite internal untuk mempersiapkan kualifikasi resmi pertama pada Maret 2020.

Kemudian banyak persiapan yang telah dilakukan menjelang hari besar, dari penyusunan konsep presentasi, berlatih  public speaking dan presentasi, menyiapkan materi presentasi, dan merekam presentasi akhir. Proses tersebut memakan waktundua bulan, sebelum tim Tokopedia Care  mengirim materi presentasi secara resmi.

“Setelah berhasil melewati kompetisi regional, Tokopedia Care berkesempatan untuk melaju ke level internasional untuk bersaing dengan level regional lainnya seperti Eropa, Timur Tengah & Afrika (EMEA), Amerika Utara & Selatan (AMERICAS). Hal ini tentunya semakin menambah tantangan bagi seluruh peserta yang lolos ke tingkat dunia,” ujarnya.

“Namun, bagi kami yang terpenting bukanlah memenangkan penghargaan, melainkan memenangkan hati para pelanggan,” tandas Tokopedia. (LH)

About author

Related Articles