ADdiction

Terlalu Seksi, Iklan Bawang Dihapus Facebook

Addiction.id-Jakarta. Facebook dikabarkan menghapus iklan bawang bombay. Alasannya unik, yaitu karena bawang ini diindentifikasi terlalu seksi oleh mesin teknologi otomatis.

Otomatisasi sensor yang dimiliki Facebook memang berguna untuk menghemat banyak waktu. Namun, kadangkala otomatisasi ini bermasalah.

Baru-baru ini, iklan bawang bombay perusahaan The Seed Company by EW Gaze yang berlokasi di St John’s, Newfoundland ditolak oleh Facebook.

“Jadi kami baru saja diberitahu oleh Facebook bahwa foto yang digunakan untuk benih Bawang Walla Walla kami adalah ‘seksual terang-terangan’ dan oleh karena itu tidak dapat diiklankan untuk dijual di platform mereka … Bisakah Anda melihatnya?” tulis perusahaan, dikutip dari Fox News, Sabtu (10/10).

Pemberitahuan dari Facebook mengatakan pada pihak perusahaan, bahwa iklan produk mereka tidak boleh menjurus ke arah seksual.

Manajer toko Jackson McLean berpendapat bahwa penolakan itu mungkin dikarenakan bentuk bawang yang bulat. Ia pun mengajukan banding atas penolakan iklan perusahaan. Akhirnya, Facebook sadar dan segera memulihkan iklan tersebut, serta minta maaf.

“Kami menggunakan teknologi otomatis untuk menyembunyikan ketelanjangan dari aplikasi kami, tetapi terkadang ia tidak mengenal bawang Walla Walla. Kami memulihkan iklan dan mohon maaf atas masalah bisnis ini,” ujar Kepala Komunikasi Facebook di Kanada Meg Sinclair.

Diketahui, semenjak masalah iklan ini, perusahaan McLean menjual lebih banyak bawang dibandingkan lima tahun terakhir.

Menurut Ubergizmo, kasus ini bukan kali pertamanya Facebook tak sengaja melarang unggahan, iklan, atau grup. Maka dari itu, sekiranya perbaikan perlu dilakukan pada teknologi otomatis sensor.

(LH)

About author

Related Articles