
Telegram Tak Akan Manfaatkan Data Pribadi Pengguna untuk Iklan
— January 18, 2021Addiction.id-Jakarta. Kebijakan baru WhatsApp, yang buntutnya memaksa pengguna berbagi data ke Facebook, membuat penggunanya beralih ke aplikasi pesaing, seperti Telegram dan Signal.
Sebelumnya, sejumlah pakar mengatakan bahwa salah satu manfaat kebijakan tersebut ialah mempermudah pengiklan untuk berbisnis. Sebab data pengguna akan digunakan untuk profiling demi iklan tertarget.
Sementara itu, pesaing WhatsApp, Telegram mengaku tak akan memanfaatkan data pribadi pengguna untuk profiling demi iklan tertarget.
“Kami tak akan memaksa pengguna melihat iklan berdurasi 30 detik di Telegram. Jika kami akan menghadirkan iklan, iklan ini hanya terlihat di satu dari sekian banyak kanal. Biaya iklannya pun sangat mahal karena server dan biaya trafik (seperti kanal saya @durov),” jelas CEO Telegram Pavel Durov, Senin (18/1).
“Jadi tak ada pengumpulan data pribadi, tak ada pemprofilan pengguna. Lalu, jika kamu tak menggunakan atau bergabung ke salah satu kanal kami, kamu tak akan melihat satu pun iklan,” terangnya.
Durov mengatakan, pengguna yang tak menggunakan kanal atau tak menggunakan platform komunikasi pribadi peer-to-peer tak akan melihat iklan apa pun.
Sebelumnya, Signal pun berkomitmen tak akan menghadirkan iklan di platformnya.
(LH)
About author
Related Articles
-
-
Iklan Tampilkan Pria Bak Perempuan, KPI Tegur Televisi
February 23, 2021 -
Storytelling Sangat Penting Untuk Promosi
February 22, 2021 -
-
-
Brand Itu Rapuh, Jangan Salah Langkah Pasarkan Produk
February 19, 2021
News
-
Digital Mediatama-RANS Entertainment Berkolaborasi Guna Perluas Distribusi Konten
— February 24, 2021Addiction.id-Jakarta. PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) mengumumkan kemitraannya dengan RANS Entertainment. Mereka membuat platform pemasaran media sosial digital dan mendirikan joint venture (JV), PT DMMX Rans Digital (DIGIRANS), yang akan mengelola platform tersebut. Untuk diketahui, DMMX merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran perdagangan digital dan platform pertukaran iklan cloud, yang menyediakan layanan ujung…
-
Iklan Tampilkan Pria Bak Perempuan, KPI Tegur Televisi
— February 23, 2021Addiction.id-Jakarta. Iklan aplikasi Starmaker di televisi mendapat sorotan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Pasalnya, iklan ini dinilai mempromosikan LGBT (red: lesbian, gay, bisexual, dan transgender). Starmaker sendiri merupakan aplikasi menyanyi populer yang memungkinkan penggunanya menyanyikan lagi sesukanya dan berkonsep seperti karaoke. Diketahui, iklan ini menampilkan seorang pria yang berpenampilan bak perempuan. Ia kemudian menyanyikan lagu…
-
Storytelling Sangat Penting Untuk Promosi
— February 22, 2021Addiction.id-Jakarta. Saat ini, banyak pengusaha yang mengandalkan media sosial untuk mempromosikan produknya, termasuk pengusaha kuliner. Menurut Culinary Storyteller Ade Putri Paramadita, kemampuan untuk menyampaikan rasa makanan atau “storytelling” sangat dibutuhkan dalam iklan kuliner, entah melalui tulisan ataupun bertutur langsung melalui visual semacam video. Sebab hal ini merupakan kekuatan iklan kuliner. “Storytelling ini sebenarnya digunakan untuk…
Published By

Addiction TV
Maya Watono: Sektor Pariwisata Paling Terkena Dampak Corona
— March 14, 2020Addiction.id – Jakarta. Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jakarta menggelar diskusi dengan tema “Indonesia 2020, Business Outlook”, di Jakarta (4/3). Diskusi hasil kerja bareng dengan PRSSNI DKI Jakarta tersebut menghadirkan Menteri Negara BUMN Erick Thohir, Mantan Menteri Keuangan M Chatib Basri dan Maya Watono, CEO Dentsu Aegis Network Indonesia. Menurut Maya Watono yang diwawancarai…
Chatib Basri: Perekonomian Indonesia Ditopang Perdagangan Domestik
— March 10, 2020Addiction.id – Jakarta. Dalam acara “Indonesia 2020, Business Outlook” yang digelar oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jaya di Jakarta, (4/3), ekonom sekaligus mantan Menteri Keuangan RI Chatib Basri menyatakan, di tengah ketidakpastian global saat ini, Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Dalam acara yang didukung oleh Persatuan Radio Swasta Siaran Nasional Indonesia DKI Jaya tersebut,…
Erick Tohir : Kita Akan Bentuk Tim Review Iklan BUMN
— March 6, 2020Addiction.id-Jakarta. Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI JAYA dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) menggelar diskusi “Indonesia 2020 Business Outlook” di The Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (04/03). Menteri BUMN, Erick Tohir menyampaikan optimisme-nya dalam menghadapi tahun tahun yang penuh tantangan. “Selama produk produk kita bagus, ketika orang tidak mau beriklan, kita aja yang…