ADdiction

Tampil dengan Format Baru, Penonton Bisa Belanja di Iklan YouTube

Addiction.id-Jakarta. Banyak pelanggan yang kerap melewati iklan di YouTube. Padahal iklan menjadi sumber pendapatan bagi para pembuat konten.

Demi membuat pelanggan lebih ‘betah’ menyaksikan iklan, Youtube menjadikan iklan di platformnya sebagai media belanja. Dengan begitu, penonton bisa langsung membeli produk langsung di iklan tersebut, dikutip dari Forbes, Sabtu (20/6).

Sebagai gambaran, ketika iklan muncul, di bagian bawah layar utama akan muncul etalase produk. Pengguna bisa melihat katalog produk dari pengiklan. Lalu di bawah gambar produk tersebut, akan muncul tab yang akan mengarahkan penonton ke laman pengiklan.

Upaya YouTube itu tentu bukan tanpa sebab. Perusahaan ini juga melihat adanya kenaikan belanja online via e-commerce selama pandemi Covid-19.

YouTube optimistis bahwa pembaharuannya ini bisa menarik lebih banyak calon pembeli.

Menurut YouTube, ada 70% konsumen yang mengaku membeli produk sebuah merek setelah menonton video di YouTube.

Para pengiklan harus mensinkronisasi feed Google Merchant Center ke video iklan untuk menggunakan fitur ini. Google Merchant Center sendiri merupakan platform digital atau tempat penyimpanan informasi tentang produk yang akan dijual.

Setelah itu, pengiklan bisa menggunakan tombol “call to action” dengan produk terlaris yang ingin mereka tampilkan di iklan untuk menarik trafik penonton, lalu mengarahkan penonton ke laman resmi pengiklan.

Selain itu, YouTube juga memperkenalkan Video Action Campaigns untuk para pengiklan. Video Action Campaign akan mendistibusikan video iklan secara otomatis ke beranda YouTube, watch pages (halaman saat menonton YouTube), dan mitra video Google.

Para pengiklan pun bisa mengampanyekan video iklan bersamaan dengan menggunakan formulir lead-generation. Adapun lead generation sendiri merupakan cara bagaimana pengiklan bisa menghasilkan konversi dari audiens yang mampir ke lamannya.

“Cara ini akan menghemat waktu dan fokus pada strategi inisiatif seperti menyusun materi iklan yang kreatif dan pesan yang tersampaikan oleh audiens,” tutur Nicky Tettke, Director Product Management YouTube Ads dalam blog resmi YouTube.

(LH)

About author

Related Articles