ADdiction

Shopee-BMKG Buat Fitur Peringatan Dini Bencana

Addiction.id-Jakarta. Shopee dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bekerja sama membuat fitur peringatan dini bencana di aplikasinya. Mulai 20 Oktober 2020, fitur ini busa memberi push notification kepada pengguna Shopee tentang peringatan dini bencana.

Untuk mengaktifkannya, pengguna Shopee cukup mengklik ‘Semua Promo’ di banner ‘Peringatan Dini Bencana Alam’. Lalu masukkan lokasi sesuai domisili. Kemudian klik ‘Nyalakan Peringatan’ untuk menerima lokasi. Jika ingin berhenti mendapat notifikasi, bisa mengklik ‘Matikan Peringatan’.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, pihaknya menyadari bahwa kebutuhan masyarakat di Shopee lebih dari sekadar belanja. Melalui fitur peringatan dini, masyarakat bisa mendapat peringatan bencana secara real time dan sesuai dengan domisili pengguna. Dengan begitu, pihaknya masyarakat berharap lebih siap siaga dan meminimalisasi dampak bencana.

Fitur tersebut, lanjut dia, bisa membantu pengguna untuk mengambil keputusan apa yang harus dilakukan. Misalnya, menyoal evakuasi guna meminimalisasi dampak bencana.

“Tahun lalu, tak sedikit bencana alam di Indonesia seperti gempa bumi dan tsunami. Ini membuktikan pentingnya peringatan dini untuk meminimalisir bencana alam yang bakal terjadi. Kita punya banyak user, kita bisa membantu BMKG memapping siapa yang terekspos dengan bencana ini dan memberitahukan masyarakat sehingga apa yang harus mereka lakukan,” kata Handika melalui konferensi daring, Kamis (15/10).

Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, memang informasi soal peringatan dini bencana memang sangat dibutuhkan masyarakat. Lebih lanjut, ia mengapresiasi Shopee yang juga menyorot dampak sosial, bukan hanya memikirkan sisi komersial saja.

“Push notification (tentang peringatan dini) bisa diterima masyarakat dengan cepat, (sehinggai) pengambilan keputusan lebih cepat. Itu lebih efektif misalnya dibanding menunggu petugas yang akan datang. Sangat match kerja sama dengan BMKG,” terangnya.

“Karena kalau mau jujur, bencana hampir tiap hari terjadi di Indonesia. Sehingga aplikasi yang kita kembangkan ini sangat penting untuk masyarakat. Bencana tidak bisa diprediksi, sehingga informasi seakurat mungkin yang diterima masyarakat Indonesia jadi penting,” sambung Sadly.

(LH)

About author

Related Articles