ADdiction

Sepanjang 2019, Wulling Almaz Tancap Gas di Pasar Iklan

Addiction.id-Jakarta. Kendati merupakan pendatang baru, Wuling tampil sebagai salah satu dari lima besar merek mobil dalam melakukan belanja iklan televise (TV) sepanjang Januari – Oktober 2019.

Berdasarkan catatan Adtensity yang dirilis awal Desember 2019, Wuling Almaz berada di posisi tiga setelah Mitsubishi Xpander dan All New Nissan Livina.

Berikut 5 besar merek mobil belanja iklan TV terbanyak:

  1. Mitsubhishi Xpander: Rp113,67 miliar

Prtama kali diluncurkan pada Agustus 2017 lalu, Mitsubishi Xpander mulai menyodok posisi Toyota Avanza sebagai jagoan di low multi purpose vehicle (LMPV).

Gaikindo mencatat, hingga Agustus 2019 total penjualan Mitsubishi Xpander sudah lebih dari 130.000 unit. Mobil berpenumpang 7 orang ini, dibanderol mulai harga Rp212.300.000 per unit.

2. All New Nissan Livina: Rp105,80 miliar

All New Nissan Livina dirilis pada Februari 2019 sebagai model pengganti generasi sebelumnya pada Februari 2019. Sejatinya, New Nissan Livina menggunakan mesin yang sama dengan Mitsubishi Xpander.

Jagoan NMI untuk segmen mobil keluarga ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.449 cc, 4 silinder, DOHC yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 102 hp dengan torsi 141 Nm.

3. Wuling Almaz: Rp73,84 miliar

Wuling Almaz merupakan produk andalan dari pabrikan asal China tersebut. Penjualan Wuling Almaz memberikan kontribusi mencapai 40 persen dari total penjualan di Indonesia.

Diperkenalkan pertama kali di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 18 Juli 2019 lalu, capaian Wuling Almaz tujuh penumpang ini mulai mendekati varian lima penumpang, yang sudah lebih dulu dipasarkan.

Motors Indonesia mencatat penjualan (wholesales) sebanyak 13.808 unit sepanjang Januari-September 2019.

4. Daihatsu Grand New Xenia: Rp61,27 miliar

Mobil kapasitas tujuh penumpang ini masih populer sejak kemunculannya di tahun 2004. Daihatsu Xenia masih menunjukkan tajinya, meski penjualannya tidak sebaik kembarannya, Toyota Avanza.

Disesaki oleh banyak pemain, pertarungan di kelas Low MPV sangat ketat. Daihatsu Xenia yang punya nama pun ikut merasakannya.

Mengutip data Gaikindo, penjualan mobil keluarga andalan Daihatsu ini terus menurun, bahkan kalah dari pemain baru asal China, Wuling Confero.

5. All New Suzuki Ertiga: Rp39,59 miliar

Sejak  model barunya diperkenalkan di Indonesia 2018 lalu, penjualan Suzuki Ertiga terus menempel Toyota dan Avanza di segmen low MPV.

Menurut data wholesales Gaikindo, sepanjang Januari-Agustus 2019, Suzuki Ertiga berhasil terdistribusi 16.868 unit, berbanding 43.808 unit dan 55.680 unit.

All New Suzuki Ertiga berada di posisi keempat setelah Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan Daihatsu Xenia.

Penjualan Suzuki Ertiga memberi kontribusi sekitar 30 persen dari seluruh model Suzuki yang dijual di Indonesia.

About author

Related Articles