ADdiction

Selamat Tinggal Microsoft Windows 7

Addiction.id-Jakarta.  Perusahaan teknologi Microsoft resmi menghentikan operasi Windows 7 mulai hari ini, Selasa (14/1). Berarti, pengguna Windows 7 tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan dan tambalan (patch) untuk menjaga keamanan komputer mereka.

Microsoft menyebut, meski pengguna masih dapat Windows 7 setelah penghentian resmi, namun perangkat akan lebih rentan terhadap masalah keamanan potensial.

Dilansir CNN.com, penghentian Windows 7 ini akan berpengaruh terhadap ratusan juta orang sebagai pengguna. Berbeda sedikit dengan dari jumlah Windows 10, sistem yang paling populer.  Microsoft menyebut Windows 10 digunakan pada 900 juta perangkat.

Microsoft mendorong pengguna untuk segera mengupgrade ke Windows 10, dengan memberi perangkat baru seharga $139 atau sekitar 1,9 juta rupiah. Atau dapat pula membeli perangkat baru yang menjalankan Windows 10 komputer pengguna berusia lebih dari tiga tahun.

Sebelumnya, sekitar empat tahun lalu Microsoft menawarkan upgrade cuma-cuma dari Windows 7 ke Windows 10.  Saat itu, Microsoft meluncurkan sistem operasi baru.

Seperti pembuat sistem operasi lainnya, Microsoft secara teratur menghentikan dukungan terhadap perangkat lunak yang sudah ketinggalan jaman. Misalnya saat menghentikan Windows 8 di tahun 2016 dan Windows XP pada tahun 2014.  

Diketahui, Windows 10 pertama kali diluncurkan tahun 2015 dan menyertakan beberapa pembaruan untuk Windows 8. Perubahan itu termasuk pada tampilan, kemampuan penggunaan bantuan suara, Contana, dan peningkatan fitur keamanan.

About author

Related Articles