ADdiction

Rute Mudik Paling Aman Adalah Tetap di Rumah

Addiction.id-Jakarta. Sejumlah pihak yang waras berupaya agar masyarakat tidak mudik dan tetap di rumah saat Idul Fitri. Tujuannya tentu untuk menekan angka penyebaran pandemi virus corona (SARS-CoV-2).

XL Axiata dan Flock Creative Network (FCN) punya cara unik.

Berangkat dari kampanye #BanyaaaaakKebaikan, keduanya membuat akun di Twitter. Admin akun ini akan merespons cuitan netizen, yang berisikan ajakan atau keinginan untuk mudik. Admin akan menyarankan si netizen untuk mencari rute paling aman di mudikaman2020.com, dengan embel mengurangi penyebaran COVID-19 menjelang Lebaran.

Pengunjung situs diminta memasukkan kota tujuan. Selanjutnya, situs akan menunjukkan satu-satunya rute yang aman adalah dengan tetap berada di rumah. Kemudian disertakan simulasi yang mengilustrasikan bagaimana mudik bisa meningkatkan penyebaran COVID-19.

Di kampanye ini, XL dan FCN sengaja menggunakan pendekatan clickbait untuk memancing masyarakat yang bersikukuh untuk mudik. Mereka berharap kampanye ini berdampak positif bagi masyarakat, sesuai dengan imbauan tetap di rumah.

Menurut Head Mass Segment Marketing Communications XL Axiata, Fajar Arieyanti, semua  berperan mencegah penyebaran virus ini. Dengan berada di rumah, masyarakat sudah ikut mengurangi penyebaran COVID-19.

“Kami memahami kebutuhan masyarakat untuk mudik dan bertemu keluarga di kampung halaman. Namun untuk saat ini sebaiknya semua tetap di rumah, dan bisa lebih erat berkomunikasi dengan menggunakan layanan internet,” katanya, Rabu (20/5).

Sementara, Chief Digital Officer dari Flock Creative Network. Jeffrey Nijstad berharap kampanye ini  memicu diskusi dan menunda rencana mereka yang ingin mudik. Sehingga menyelamatkan lebih banyak jiwa di Indonesia. (LH)

About author

Related Articles