ADdiction

Rilis Fitur Baru, Pebisnis Lebih Mudah Jualan di Instagram

Addiction.id-Jakarta. Instagram merilis fitur belanja atau Shopping di Indonesia, Selasa (06/10). Kehadiran fitur ini bisa mempermudah para pebisnis dan kreator lokal untuk berjualan secara online di masa pandemi Covid-19 ini.

“Hari ini kami merilisi fitur Shopping untuk semua akun bisnis dan akun kreator di Indonesia,” kata Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia, dalam konferensi pers daring.

Piete menyebutkan bahwa pihaknya melihat semakin banyak pengguna yang mengikuti akun bisnis dan kreator untuk mencari inspirasi belanja. Hal ini yang menjadi pertimbangan perilisan fitur ini.

“Fitur ini sudah lama ditunggu, senang sekali akhirnya kita bisa bawa ini ke Indonesia dan bukan hanya untuk akun bisnis saja tapi akun kreator,” imbuhnya.

Fitur ini Instagram Shopping ini digulirkan secara bertahap. Jadi tak semua akun bisa mengaksesnya. Namun, Pieter mengaku bahwa pihaknya sedang bekerja cepat agar fitur ini digunakan oleh semua akun bisnis dan kreator di Indonesia.

Melalui fitur baru tersebut, akun bisnis bisa mengunggah foto produknya dan menambahkan tag yang terkoneksi dengan deskripsi produk, misalnya harga dan nama produk, serta situs akun bisnis—yang memungkinkan pengguna Instagram bisa bertransaksi di situs tersebut. Sementara perihal transaksi, untuk saat ini transaksi baru bisa dilakukan di situs pebisnis.

Selain Instagram Shopping di Indonesia, jejaring sosial ini juga menghadirkan fitur Shopping di IGTV. Jadi fitur Shopping bisa diakses lewat feed utama, Stories dan IGTV.

Lebih lanjut, Instagram saat ini sedang menguji coba fitur tab Shopping yang akan ditampilkan di halaman utama aplikasi. Pieter mengatakan fitur ini akan segera diluncurkan secara global untuk seluruh pengguna Instagram.

“Dengan tab tersebut pengguna akan semakin mudah menemukan brand dan bisnis favorit mereka. Inisiatif ini kita lakukan sebagai salah satu upaya kami untuk membantu UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih besar lagi dan lebih banyak pelanggan,” ungkap Pieter.

(LH)

About author

Related Articles