ADdiction

Produk Adidas x Kanye West Tuai Protes

Addiction.id-Jakarta. Produk sepatu hasil kolaborasi rapper asal Amerika Serikat Kanye West Rapper dan Adidas menuai kontroversi. 

West dituding menghina Islam lantaran sepatu di lini Yeezy terbaru bernama Israfil dan Asriel.

Sekadar informasi, di agama Islam, Israfil ialah malaikat peniup sangkakala di hari kiamat. Sementara Asriel merupakan malaikat pencabut nyawa.

“Adidas menghina Islam. Israfil adalah salah satu dari empat malaikat dalam Islam. Memalukan @adidasoriginals dan @kanyewest,” tulis seorang warganet, dikutip dari NME, Senin (24/8).

Selain itu, ada warganet yang mengancam akan berhenti membeli produk Adidas jika nama itu  tak diubah.

“Kepada @adidas, saya akan berhenti membeli dan menggunakan produk kalian jika sepatu terbaru Kanye West itu tidak diubah karena itu sangat tidak menghormati Islam. #ShameOnKanyeWest #ShameOnYeezy,” tulis dia.

Gelombang protes marak. Warganet kemudian membuat petisi di situs change.org. Mereka menuntut Adidas untuk mengganti nama lini sepatu terbaru Yeezy tersebut.

“Komunitas Muslim Global memperhatikan bahwa Adidas mengizinkan produksi sepatu yang dinamai salah satu malaikat dalam Islam,” demikian penjelasan di awal petisi tersebut.

“Hingga pemberitahuan lebih lanjut, kami meminta semua Muslim memboikot produk Adidas, menyita semua pembelian produk Adidas oleh toko ritel Muslim sampai Adidas menghentikan produksi komoditas ini,” lanjut keterangan petisi tersebut.

Kekisruhan ini menyusul kontroversi pencalonan West sebagai presiden di Amerika Serikat pada pemilihan umum pada November mendatang.

West terlambat mendaftarkan diri di sejumlah negara bagian. Ia pun dilaporkan memalsukan tanda tangan yang diperlukan untuk memasukkan namanya ke dalam surat suara di sejumlah daerah.

(LH)

About author

Related Articles