ADdiction

PostgreSQL, Software Open Source Tercanggih Telah Rilis

Channel9.id-Jakarta. Platform open source menjadi pilihan yang kian dipromosikan di era digital ini. Software open source sering disebut menjanjikan kemandirian, kedaulatan, dan kebebasan dalam mengadopsi teknologi. Salah satu perusahaan lokal penyedia software open source yakni Equnix Business Solutions.

CEO Equnix Business Solutions Julyanto Sutandang mengatakan bahwa platform itu bisa menjadi solusi masa depan karena keunggulannya. “Selain efisiensi, open source terutama memungkinkan kita mengadopsi teknologi apapun secara bebas dan mandiri serta future proof,” lanjutnya melalui keterangan resmi Equnix.

“Apalagi Indonesia seperti yang baru disampaikan Menkeu Sri Mulyani, sedang menghadapi krisis ekonomi dengan prediksi pertumbuhan minus 1,7 hingga 0,6% di tahun 2020 ini, tentunya ini saatnya bagi banyak korporasi besar untuk mulai lebih memanfaatkan open source sebagai solusi tersebut,” terang Julyanto, Minggu (27/09).

Julyanto kemudian menyinggung soal perilisan PostgreSQL 13, seri terbaru dari software database open source Dibandingkan pendahulunya, lanjutnya, seri terbaru ini memiliki kinerja yang maksimal.

Ia menambahkan bahwa PostgreSQL 13 merupakan yang tercanggih di dunia. Pun ialah hasil kolaborasi dan dedikasi komunitas global untuk memajukan kemampuan database relasional open source paling mumpuni.

Diketahui, PostgreSQL 13 memiliki sejumlah keunggulan yang mencakup peningkatan signifikan pada sistem pengindeksan dan pencariannya yang menguntungkan bagi database besar, penghematan ruang, dan peningkatan kinerja untuk indeks, waktu respons yang lebih cepat untuk query yang menggunakan agregat atau partisi, perencanaan query yang lebih baik saat menggunakan statistik yang ditingkatkan, dan lainnnya, termasuk kemajuan kinerja berkelanjutan, pengoptimalan administrasi, kenyamanan dalam pengembangan aplikasi, dan peningkatan keamanan.

“PostgreSQL memberikan pengalaman manajemen data yang lebih baik untuk beban kerja besar, dengan pengoptimalan untuk administrasi transaksi finansial enterprise, keamanan lebih baik dan kinerja yang tinggi. PostgreSQL adalah hasil pengembangan global secara berkesinambungan lebih dari 25 tahun,” jelas Julyanto.

(LH)

About author

Related Articles