ADdiction

Perubahan Pola Konsumsi ke Online, Jumlah Transaksi GoFood Meningkat

Addiction.id-Jakarta. Belanja online tengah menjadi tren di masa pandemi virus corona (SARS-CoV-2). Imbauan untuk tetap di rumah hingga penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi faktor pengalihan pola konsumsi ini, dari offline ke online.

Tak ayal bila banyak konsumen yang beralih ke platform belanja online untuk sekadar memenuhi kebutuhannnya, seperti makan dan minum. 

GoFood menjadi salah satu platform  pilihan masyarakat untuk membeli makan atau minum secara online.  Belakangan diketahui, terdapat peningkatan jumlah transaksi di GoFood dalam satu bulan terakhir.

“Karena, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), menjadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah,” terang Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek, Minggu (17/05).

Situasi pandemi ini pun mendorong banyak mitra merchant UMKM bergeser dari penjualan offline ke sepenuhnya online. Mereka mencatat adanya peningkatan transaksi dan omzet rata-rata mitra UMKM GoFood sebesar 10% di awal Mei, dibandingkan dengan akhir April.

Beberapa merchant yang menjual snack atau camilan bahkan mengalami kenaikan transaksi hingga 30% dibandingkan sebelum masa pandemi.

“Hal ini dikarenakan perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,” sambung Catherine.

GoFood juga turut meringankan beban biaya operasional mitra UMKM melalui pemberian voucher belanja bahan pokok di GoFresh dan distribusi paket sanitasi dan keamanan makanan.

Sejauh ini, GoJek telah membagikan voucher potongan harga belanja bahan pokok di GoFresh senilai masing-masing Rp80 ribu ke ribuan mitra merchant.

Untuk memperkuat protokol keamanan dan kebersihan makanan, GoFood juga membekali 50 ribu outlet mitra UMKM dengan masker, ribuan paket sanitasi.

“Meskipun pandemi COVID-19 membawa kita masuk ke situasi penuh ketidakpastian, kami berharap berbagai inisiatif yang kami jalankan dapat mendukung keberlangsungan penghasilan mitra merchant GoFood,” imbuh Catherine.

“Kami berterima kasih atas dukungan institusi bisnis yang telah berpartisipasi membantu mitra UMKM GoFood dengan donasi perlengkapan sanitasi. Dengan semangat gotong royong dan saling membantu inilah, kami terus optimis bahwa bersama kita bisa melalui masa pandemi ini,” pungkasnya. (LH)

About author

Related Articles