ADdiction

Pertama Kali di Dunia, Pengguna WhatsApp di India Terkena Dampak Pandemi Virus Corona

Addiction.id-Jakarta. Pengguna layanan pesan instan WhatsApp di India terkena imbas pandemi virus Corona. Di negara ini, WhatsApp membatasi panjang maksimum status video, dari 30 detik menjadi 15 detik.

Direktur Komunikasi Whatsapp Asia-Pacific Sravanthi Dev menuturkan bahwa India menjadi negara pertama yang terkena imbas ini. Pasalnya, pengguna Whatsapp di India terbanyak di dunia dan telah diprediksi akan ada kemacetan jaringan data yang terjadi di negara itu.

“Caranya, kami membatasi panjang maksimum status video dari 30 detik menjadi 15 detik. Ini hanya bersifat sementara dan akan mengevaluasi feedback dari pengguna,” ujar Dev, Selasa (31/3) malam.

Sebagai informasi, sebelumnya Facebook dan anak perusahaan Instagram akan menurunkan kualitas gambar video untuk pengguna di Eropa. Langkah ini ditempuh untuk mengurangi kepadatan lalu lintas data pengakses video selama pandemi virus Corona. Pasalnya, banyak orang menghabiskan waktu di rumah saat isolasi diri di rumah.

Netflix, YouTube, Amazon dan Disney pun telah memutuskan untuk menurunkan kualitas video.

Operator telekomunikasi Eropa telah memastikan mampu mengatasi kenaikan lalu lintas data sejauh ini, namun ada kekhawatiran terjadi ‘kemacetan lalu lintas data’ imbas banyak menjalankan work form home (WFH).

Kepala Industri Uni Eropa Thierry Breton telah mendesak layanan video streaming untuk meringankan bandwidth. Hal itu ia tujukan untuk menunjang layanan kesehatan dan ruang belajar digital untuk ribuan anak-anak yang harus belajar di rumah—sebagai akibat dari akibat penutupan sekolah. (LH)

About author

Related Articles