ADdiction

Persiapan Telkom Jalani Skenario “The New Normal”

Addiction.id-Jakarta. Menteri BUMN Erick Thohir melayangkan surat edaran berisi skenario “The New Normal” kepada seluruh Direktur Utama BUMN pada Jumat (15/5).

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. mengaku menjalankan skenario ini dalam kondisi pandemi COVID-19.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menuturkan, skenario The New Normal yang akan diterapkan di TelkomGroup tengah disusun dan difinalisasi, agar bisa diimplementasikan oleh seluruh karyawan.

Ia melanjutkan, penerapan skenario ini dibuat bertahap dengan mengikuti peraturan, serta dengan mempertimbangkan hasil monitoring dan evaluasi agar memberikan hasil optimal.

Skenario ini pun diharapkan bisa menjaga efektivitas dan produktivitas perusahaan, dengan mengedepankan protokol kesehatan masing-masing.

“Kami sadari bahwa kondisi saat ini menjadi tantangan untuk semua pihak, tak terkecuali BUMN. Untuk itu Telkom siap mengkampanyekan gerakan optimisme seluruh karyawan dalam menghadapi kondisi The New Normal ini. Dengan saling bahu membahu dan gotong royong, Insyaallah kita bisa menghadapi ini semua, #CovidSafe BUMN,” ujar Ririek, Minggu (17/5).

Ririek menjelaskan bahwa Telkom berkomitmen untuk mendukung segala upaya pemerintah untuk mengatasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

TelkomGroup, lanjutnya, telah membentuk satuan tugas internal khusus untuk penanganan COVID-19 yang melibatkan seluruh unit fungsional maupun regional, serta seluruh anak perusahaan secara terpusat di bawah komando Direktur Human Capital Management Telkom.

Selain itu, Telkom Group pun telah menerapkan protokol kesehatan, prosedur kerja, serta aturan komunikasi di seluruh lingkungan kerja termasuk interaksi dengan pelanggan, mitra, pemasok, dan pihak eksternal lainnya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Salah satunya dengan mendata kondisi kesehatan karyawan setiap hari melalui aplikasi absensi Diarium, selama kerja dari rumah.

TelkomGroup pun akan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area gedung di kawasan The Telkom Hub, untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, Telkom mendirikan posko yang melibatkan tenaga medis serta call center yang dapat dihubungi 24 jam.

Selanjutnya, budaya kerja TelkomGroup selama pandemi berorientasi ke digital dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi seperti Diarium, Nota Dinas Elektronik, Portal Internal ataupun berbagai aplikasi pengelolaan human capital. Juga, untuk melakukan video conference menggunakan aplikasi CloudX dan UMeetMe.

Khusus kebutuhan para pelanggan, produk-produk TelkomGroup telah dilengkapi  dukungan aplikasi digital dan media sosial. Misalnya, Indihome menyediakan aplikasi MyIndiHome dan  layanan pelanggan di media sosial @IndiHome di Twitter, Instagram, dan Facebook. Selain itu, pelanggan pun bisa menghubungi customer care IndiHome melalui email customercare@telkom.co.id atau telepon ke 147 untuk mengelola layanan IndiHome.

Ririe menyebutkan, Grapari TelkomGroup dan Plasa Telkom akan siap beroperasi penuh dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti melakukan pengecekan suhu kepada semua orang yang memasuki lokasi, penggunaan masker, hand sanitizer serta pengaturan physical distancing. (LH)

About author

Related Articles