ADdiction

Pernah Perolok Xiaomi Beriklan, Kini Realme Justru Pasang Iklan

Addiction.id-Jakarta. Upaya Realme Oppo yang memasang iklan pada antarmuka di ponsel menarik perhatian rivalnya, Xiaomi.

Diketahui, sebelumnya Realme berbangga diri karena produknya tidak memiliki iklan pada antarmuka ponsel seperti Xiaomi.

Namun, setelah vendor ponsel yang menempati urutan keempat pengiriman ponsel di kuartal ketiga 2019, menurut IDC, akhirnya Realme mengikuti jejak  Xiaomi. Para petinggi Xiaomi pun tak tinggal diam.

Dilansir dari Times of India (21/1/2020), Poco India General Manager C Manmohan, yang juga kepala penjualan mitra online di Xiaomi India, mencuit lewat Twitternya sebuah video pendek dari sebuah episode Mr. Bean, di mana aktor itu berusaha untuk menyalin jawaban dari lembar bangku kerjanya selama ujian.

Bersamaan dengan videonya, dia juga menulis, “Saya akan mengatakan ini kepada teman-teman kita, ikut-ikutan hanya bisa membawamu sejauh ini,” ungkap C. Manmohan dalam cuitannya.

Sebelumnya, kekesalan juga diungkapkan Xiaomi Global VP and India MD Many Kumar Jain dalam cuitannya. Tanpa menyebut nama Realme, Jain menyebut langkah brand tersebut lucu. Pasalnya, Realme sempat memperolok model bisnis Xiaomi yang memasang iklan pada antarmuka. Namun, setelahnya justru menggunakan trik bisnis yang sama. “Kami selalu transparan terhadap model bisnis kami,” ujar Jain dalam cuitannya.

Ditemui di sebuah acara, Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi mengiyakan bahwa ada pemasukan lebih  melalui trik bisnis ini. Namun, ia lebih suka menyebutnya sebagai ‘rekomendasi konten’ dibandingkan iklan.

“Mungkin Anda tertarik dengan aplikasi yang sedang tren, jadi yang penting adalah membuat rekomendasi konten yang sesuai dan berguna untuk user,” katanya di Jakarta, Senin (6/1/2020).

Rekomendasi konten atau iklan pada antarmuka ponsel Realme dapat dinonaktifkan apabila pengguna merasa tak nyaman. Caranya, masuk pada menu Settings, masuk ke Additional Settings, lalu tekan tombol off pada Content Recommendation. (VRU)

About author

Related Articles