ADdiction

Pendapatan Iklan di Facebook Terimbas Pandemi

Addiction.id-Jakarta. Facebook memberi laporan pendapatannya selama kuartal pertama di 2020. Aktivitas pengguna di Facebook melonjak dengan rata-rata 1,73 miliar pengguna harian sepanjang Maret di saat pandemi virus corona (SARS-CoV-2) melanda. Jumlah pengguna itu naik dari 1,66 miliar pada kuartal sebelumnya.

Secara keseluruhan, aplikasi di bawah naungan Facebook—Instagram, WhatsApp dan Facebook Messenger—pengguna aktif hariannya bisa mencapai 2,36 miliar. Sementara itu, untuk kali pertama penggunaan bulanannya mencapai 3 miliar.

Kendati demikian, Facebook mengaku adanya pengurangan pasokan iklan di platformnya. Telah diperkirakan bahwa pendapatan iklan akan berimbas, meski pengguna di seluruh dunia melonjak.

“Bisnis kami telah terkena dampak pandemi COVID-19 dan seperti semua perusahaan, kami menghadapi periode ketidakpastian dalam prospek bisnis kami,” ujar Facebook, dikutip dari Engadget, Sabtu (02/05).

“Kami berharap kinerja bisnis kami akan terpengaruh oleh masalah di luar kendali kami, termasuk durasi dan kemanjuran pesanan tempat tinggal, efektivitas rangsangan ekonomi di seluruh dunia, dan fluktuasi mata uang relatif terhadap dolar AS.” imbuhnya.

Meski terdampak COVID-19, pendapatan Facebook tetap naik 18% dari kuartal yang sama tahun lalu, dengan pendapatan tumbuh menjadi USD 177 miliar.

CEO Facebook Mark Zuckerberg menjelaskan kepada para investor, Facebook tidak akan menarik kembali jumlah investasi di platformnya meski pertumbuhan pendapatan melambat.

“Daripada membanting rem sekarang, seperti perusahaan mungkin, penting untuk terus membangun dan terus berinvestasi,” pungkasnya. (LH)

About author

Related Articles