ADdiction

Nasib Mujur Nintendo Saat Pandemi

Addiction.id-Jakarta. Kondisi keuangan banyak perusahaan memburuk di masa pandemi Covid-19 ini. Namun, nasib itu rupanya tidak berlaku bagi perusahaan gim asal Jepang Nintendo.

Seperti nasib perusahaan gim kebayakan, Nintendo justru melambung di masa pandemi ini.  

Dikutip dari Techspot, saham Nintendo kian meningkat sejak pandemi dimulai. Kini valuasi Nintendo telah mencapai USD 62 miliar. Angka ini lebih tinggi daripada bank terbesar di Jepang, peritel, dan lainnya.

Para analis menyebutkan, meningkatnya valuasi Nintendo ini mencerminkan penjualan Switch yang terus meningkat. Bahkan, penjualan diperkirakan bia mencapai 75 juta unit pada Maret 2021, akhir tahun finansial mereka.

Saham Nintendo naik 2,8%, mencapai USD 467 per lembarnya. Sejak merilis Wii pada 2008, saham perusahaan ini kali pertamanya menyentuh angka itu. Peningkatan nilai saham tersebut diperkirakan karena Nintendo akan merilis gim untuk musim liburan 2020 ini.

Sebagai informasi, Switch sudah dirilis sejak empat tahun lalu. Namun, sejak sejumlah negara melakukan karantina wilayah saat pandemi, penjualannya kembali meningkat. Bahkan, harga Switch pun melambung lantaran stoknya terbatas.

David Gibson dari Astris Advisory Japan mengaku bahwa Nintendo mendapat keuntungan dari pandemi. Sebab banyak orang yang bermain gim dan membeli gim digital.

Lebih lanjut, ia juga menduga bahwa pasar perusahaan ini kemungkinan akan sedikit menurun, karena sejumlah negara sudah melonggarkan karantina wilayah. Namun, tetap saja, kata dia, menguntungkan bagi Nintendo. Sebab itu berarti perusahaan bisa menggenjot produksi Switch.

(LH)

About author

Related Articles